Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Fungsi, Cara Penulisan, Bagian Penting dan Contohnya dalam Format Word / Doc

Contohsuratku.net - Kembali sobat kami berbagi sebuah Contoh Surat Lamaran Keja yang dilengkapi dengan petunjuk pembuatan sehingga memudahkan anda dalam pembuatan dan penulisannya.


Surat Lamaran Kerja

Untuk lebih jelasnya mengenai artikel kami tentang Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Fungsi, Cara Penulisan, Bagian Penting dan Contohnya dalam Format Word / Doc silahkan ikuti penjelasan kami berikut ini :
Surat Lamaran Kerja  Pengertian, Fungsi, Cara Penulisan, Bagian Penting dan Contohnya dalam Format Word  Doc
Surat Lamaran Kerja  Pengertian, Fungsi, Cara Penulisan, Bagian Penting
dan Contohnya dalam Format Word  Doc

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu. Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi menjadi dua macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan dan surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan surat resmi atau dinas sehingga dalam penulisannya terdapat aspek-aspek tertentu yang harus di perhatikan.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

  1. Sebagai tanda bukti tertulis pengajuan surat permohonan pekerjaan
    Melalui surat lamaran ini, pelamar menulis langsung identitas, dan lampiran-lampiran berupa ijazah sebagai bukti telah lulus sekolah, fotokopi KTP, foto, dan riwayat hidup. Selain itu, tanda tangan sebagai bentuk pertanggungjawaban penulis terhadap yang ditulisnya. Ini membuktikan bahwa penulis benar-benar ingin bekerja di instansi atau perasahaan yang ditujunya. Surat ini juga memberikan bukti untuk pengesahan ketika pelamar memasukan surat lamarannya.

  2. Sebagai media atau alat komunikasi
    Dalam surat lamaran terdapat beberapa lampiran, misalnya KTP, ijazah terakhir, pengalaman bekerja, dan lain-lain. Bagian penerima lamaran akan dengan jelas mengetahui identitas, ijazah terakhir, dan pengalaman bekerja dari surat lamaran yang diberikan pelamar kepada perusahaan melalui perwakilannya. Selain itu, jika dalam surat lamaran ada suatu hal yang kurang jelas biasanya bagian penerimaan karyawan baru menanyakannya langsung kepada pelamar disebut dengan interview. Adapun perusahaan atau instanti lain yang mengadakan psikotes sebagai usaha untuk mengetahui kepribadian calon pegawainya. Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui sifat dan sikap yang dimiliki oleh calon pegawai supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan dikemudian hari pada calon pegawainya setelah menjadi pegawai tetap.

  3. Sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan
    Biasanya perusahaan yang membutuhkan pegawai baru dengan jabatan yang cukup penting pada istansi atau perusahaan tertentu memiliki banyak pertimbangan bahkan tes demi tes dilakukan secara ketat untuk mempekerjakan calon pegawai yang lebih berkualitas. Jenjang sekolah dan pengalaman bekerja bisanya menjadi faktor utama ketika riwayat hidup pelamar dilampirkan pada surat lamaran. Hal ini dikarenakan perusahaan atau instansi tertentu dengan adanya pegawai baru diharapkan dapat lebih memajukan lagi kinerja yang ada.

Fungsi surat sebagai alat komunikasi, bukti tertulis, dan sebagai bahan pertimbangan setiap orang yang ingin melamar kerja merupakan hal yang paling utama karena surat lamaran ini banyak sekali digunakan di kalangan yang ingin mencari pekerjaan.

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan tips seperti di bawah ini :
  1. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
    Pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja termasuk surat resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.

  2. Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas.
    Jangan bertele-tele dalam menulis surat lamaran karena surat lamaran bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.

  3. Tulislah dengan kalimat yang sopan
    Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

  4. Tulislah secara manual menggunakan tangan.
    Penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.

  5. Perhatikan kebersihan surat lamaran kerja.
    Jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan menggunakan stipo untuk menghapus.

  6. Isi secara jelas data diri
    Isi data diri dan informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.

  7. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
    Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda

Bagian-bagian dalam surat lamaran kerja

  1. Bagian Pembuka
    Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )
  2. Isi atau Uraian
    Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.
  3. Penutup
    Bagian penutup wajib disetakan dengan tanda tanga pelamar sebagai bukti keabsahan dari surat lamaran kerja yang bersangkutan 


Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 1

Kepada :
Yth. Bpk / Ibu Personalia 
[ ……………………….. ]

Di
[ ……………………….. ]

Hal : lamaran pekerjaan

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari [………………………] yang saya dapatkan dari [………………………] pada tanggal [………………………]. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian [………………………] dengan kode (MG) di perusahaan [………………………].

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                         :   ………………………..
Tempat / tgl. lahir     :   ………………………..
Pendidikan Terakhir  :   ………………………..
Alamat                       :   ………………………..
Telepon (HP)              :   ………………………..
Status                        :   ………………………..

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

[………],[………………]
Hormat saya,


[………………………]

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 2

[………………………],[………………………]

Kepada Yth. HRD
[………………………]
Di.
Jl. [………………………]
[………………………]

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                         :   ………………………..
Tempat / tgl. lahir     :   ………………………..
Pendidikan Terakhir  :   ………………………..
Alamat                       :   ………………………..
Telepon (HP)              :   ………………………..
Status                        :   ………………………..

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang [………………………].

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai [………………………] di salah satu perusahaan terkemuka di [………………………]. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,


[………………………]


Download Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Untuk memudahkan anda dalam membuat Surat Lamaran Kerja Tersebut silahkan Download file wordnya berikut ini :

Demikian artikel tentang Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Fungsi, Cara Penulisan, Bagian Penting dan Contohnya dalam Format Word / Doc yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini dapat membantu dan bermanfaat buat anda, dan jangan lupa baca juga :