Contoh Pidato Sambutan atau Amanat Pembina Pramuka SD / MI, SMP/MTs dan SMA/MA Pada Upacara Pramuka

Contohsuratku.net - Kembali kami berbagi beberapa Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka yang bisa anda jadikan bahan pada beberapa upacara sambutan berbagai kegiatan Kepramukaan baik tingkat Penggalan maupun dalam tingkat Penegak.

Pidato Sambutan atau Amanat Pembina Pramuka

Untuk lebih memudahkan anda dalam membuat Pidato sambutan ini berikut kami berikan beberapa Contoh Pidato Sambutan atau Amanat Pembina Pramuka SD / MI, SMP/MTs dan SMA/MA Pada Upacara Pramuka yang bisa anda jadikan bahan dalam menyusun pidato anda.
Contoh Pidato Sambutan atau Amanat Pembina Pramuka SD  MI, SMPMTs dan SMAMA Pada Upacara Pramuka
Contoh Pidato Sambutan atau Amanat Pembina Pramuka SD /MI, SMP/MTs dan SMA/MA Pada Upacara Pramuka


Contoh Pidato Pembukaan Pelantikan Dewan Penggalang

Assalamualaikum Wr.Wb

Salaaam Pramuka!
Yang terhormat kakak-kakak pembina pramuka
Dan adik-adikku sekalian yang kami banggakan. 
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan anugerah terbesar kepada kita berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari. Sholawat serta salam tidak lupa kami sampaikan kepada Nabi agung Muhammad SAW.

Isi Pidato Pelantikan Dewan Penggalang :
Wahai adik-adik pramuka generasi tunas bangsa, marilah kita bersama-sama kobarkan api semangat pramuka. Tirulah semangat yang dimiliki Boden Powell beliau yang kita kenal sebagai Bapak Pandu Dunia. Ada dua ajaran yang bisa ditiru yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Caranya cukup sederhana, semisal membantu menanam pohon dan merwatnya dengan rajin menyirami, membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya. Sayangi teman dan saling menolong sebagai jalinan persahabatan. Penggalang Ramu bukan menjadikan kalian sombong karena satu tingkat lebih tinggi dari adik-adik siaga. Melainkan menjadi contoh anggota pramuka yang baik bagi adik-adik siaga. Hormati yang lebih tua dan sayangi yang lebih muda. Itulah sebagai bentuk sikap kalian menjadi pribadi pramuka sejati. 

Kakak pembina dan adik-adik yang saya sayangi. Menjadi pramuka bukan hal yang membebani ataupun membosankan. Menjadi pramuka sejati selalu riang dan penuh semangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Melalui kegiatan pramuka kalian dapat menumbuh kembangkan jiwa kewiraan dan kemandirian. Brani membela kebenaran dan menjadi pribadi yang mandiri. Mandiri yang dimaksud adalah tidak lepas dari keegoisan, melainkan suka bermusyawarah dan bekerja sama. 

Dengan bermusyawarah dan bekerja sama suatu tugas akan lebih mudah dan cepat selesai. Banggalah menjadi pramuka dengan selalu menjaga kode etik pramuka sesuai prinsip gerakan pramuka. Lakukan tugas dengan semangat pramuka, karena menjadi pramuka penggalang bukan lagi sekedar permainan, tetapi menjadi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. 

Sebelum pelantikan dewan penggalang dimulai, apakah kalian sanggup dan bersedia untuk dilantik menjadi Penggalang Ramu? Apakah kalian siap untuk mengamalkan Pancasila dan UUD ’45 dalam setiap melaksanakan tugas-tugas sebagai Dewan Penggalang.
    
Adik-adik yang kakak banggakan. Kakak berharap setelah pelantikan penggalang selesai tetaplah aktif dalam segala kegiatan pramuka. Buktikan bahwa kalian adalah generasi muda pramuka mampu menunjukkan sikap yang mencerminkan tingkah laku secara akhlak dan komitmen agar tercipta sekelompok generasi yang berkualitas.

Sekian dari pidato saya. Bila ada kata yang salah atau khilaf mohon dimaafkan.

Wabillahi taufik walhidayah, Wasssalamualaikum Wr.Wb  

Contoh Pidato Pembina Pramuka Pembukaan Latihan

Assalamu'alaikum wr. wb.
Salam Pramuka !
Pramuka
Tepuk Pramuka

Alhamdulillah puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah swt., yang telah memberikan kita semua ni'mat sehingga bisa hadir pada latihan pasukan di siang ini, Sholawat serta salam marilah kita persembahkan kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarga, Sohabat dan kita selaku umatnya yang ta'at kepada ajarannya hingga yaumil akhir. amiin.

Adik-adikku, para pemuda & pemudi harapan bangsa, kita semua pada kesempatan siang ini akn berlatih Teknik Kepramukaan, dan tema yang saya bahas pada upacara ini sesuai dengan Dasa Dharma yang pertama, (Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa)

Adik-adiku waspadalah pada hari ini akanterjadi Gerakan pemurtadan agama islam, dengan senjata/media yaitu Valentine Day. Kakak menyarankan untuk tidak mengikuti kebudayaan asing, karena Valentin Day adalah budaya Non Muslim

Sebagai seorang muslim tanyakanlah pada diri kita sendiri, apakah kita akan mencontohi begitu saja sesuatu yang jelas bukan bersumber dari Islam ?

Mari kita renungkan firman Allah :“ Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)

Dalam Islam kata “tahu” berarti mampu mengindera(mengetahui) dengan seluruh panca indera yang dikuasai oleh hati. Pengetahuan yang sampai pada taraf mengangkat isi dan hakikat sebenarnya. Bukan hanya sekedar dapat melihat atau mendengar. Bukan pula sekadar tahu sejarah, tujuannya, apa, siapa, kapan(bila), bagaimana, dan di mana, akan tetapi lebih dari itu.
Oleh karena itu Islam amat melarang kepercayaan yang membonceng(mendorong/mengikut) kepada suatu kepercayaan lain atau dalam Islam disebut TAQLID. Hadits Rasulullah SAW :“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.
Firman Allah SWT dalam Surah AL Imran(keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

Adik-adiku mungkin tidak banyak yang akan kakak sampaikan, tapi kakak berharap anggota Pramuka/Scout Moslem tidak mengikuti/merayakan valentine Day,

Selamat Berlatih, teruskan semangat Pemuda-Pemudi ISlam.
Allahu Akbar
Akhirul Kalam Wassalamu'alaikum wr.wb.
Salam Pramuka

Contoh Pidato Pramuka Itu Selalu Di Depan

Assalammualaikum Wr.wb
Salam Pramuka

Selamat sore Adik-adik!
Sebelumnya, marilah kita selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Karena rahmat-Nya, sore hari ini kita masih dipertemukan.

Mari kita maknai lebih dalam bahwa pramuka harus berada di depan dalam setiap kehidupan sebagai pelopor dan teladan. Jangan malah melarikan diri dan sembunyi apabila ada masalah datang menghadang.

Kita mengetahui, saat ini generasi muda lebih cenderung lari dari masalah dan hidup menghindari tantangan, akibatnya ketika kehidupan tidak lagi bersahabat dengan mereka, maka para manusia ini akan sangat mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.

Kehidupan bukanlah matematika yang dengan pasti diketahui hasilnya secara nyata, kehidupan memiliki banyak misteri dan pusaran-pusaran masalah yang bisa menenggelamkan diri kita. Oleh sebab itu kita harus berani untuk menjalani hidup dengan penuh tantangan. Salah satu cara adalah melatih diri untuk senantiasa berada di garis depan dan merasakan sendiri bagaimana berkontak dengan masalah.

Menempatkan diri menjadi pandu atau pramuka bagi kehidupan tentu bukan sekedar didepan semata, namun juga musthi siap lahir dan batin untuk menerima resiko dan memperjuangkan resiko tersebut. Selain itu, juga harus memberikan teladan yang baik. Sukses atau tidak kita didepan itu tidak penting, yang lebih utama adalah apakah kita telah berjuang dengan penuh daya upaya dan teladan atau belum.

Memang tidak semua bidang bisa dikerjakan pramuka, namun setiap pramuka pasti bisa menjadi terdepan dibidang karyanya. Seorang pramuka pembina pramuka penggalang di SMP pelosok tentu tidak bisa menjadi pilot yang tangguh, namun seorang pramuka yang menjadi pilot pasti bisa berjuang untuk menjadi terdepan di profesinnya tersebut. Sebaliknya, seorang pramuka yang jadi pilot tentu tidak bisa selalu ada untuk adik-adik didik dan memberi pembinaan secara penuh, tapi seorang pramuka yang jadi pembina penggalang bisa mengerjakan tugas ini dengan maksimal dan penuh prestasi.

Jadilah pramuka yang berada di depan dalam profesimu, karena dengan itu secara langsung kita telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi pramuka.

Semoga pidato ini ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

wabiillahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb 

Contoh Pidato Pramuka Sebagai Wadah Mengisi Pembangunan Di Segala Bidang


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Adik-adik Pramuka setanah air yang kami cintai.
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuha Yang Maha Esa, pada hari ini tanggal ..........., Tanggal..................... kita bersama dapat melangsungkan Ulang Tahun yang ke …., untuk itu saya sampaikan ‘Selamat Berulang Tahun”. Kecuali itu, perkenankanlah pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan pesan-pesan tentang perlunya kalian menghayati tujuan daripada gerakan Pramuka, yang diantaranya ialah :

Membentuk laskar dan martabat agar kelak menjadi manusia bangsa Indonesia yang berkepribadian dan berpancasila. Tinggi mental, moral, budi pekerti dan keyakinan agamanya masing-masing. Tinggi kecerdasan dan ketrampilan; dan Kuat serta sehat fisiknya.

Untuk membangkitkan diri terutama dalam membangun di segala bidang, saya yakin bahwa kita tentu akan mampu dan berhasil dalam menerima tongkat estafet atau alih generasi, yaitu menggantikan generasi tua di dalam memikul tugas bangsa. Itu semua pasti akan kita raih, asal kita selalu membekali diri atas hal-hal tentang tujuan dari pada gerakan Pramuka, seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Kalian tentu mengetahui singkatan PRAMUKA yakni Praja Muda Karana

Sebenarnya Pramuka itu apa sih? 
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. “Pramuka” merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing. Sedangkan yang dimaksud “kepramukaan” adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Lalu fungsi dari Pramuka itu sendiri apa? 
Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda. Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.

Pengabdian bagi orang dewasa. Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

Alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya. 

Tujuan dari Pramuka itu sendiri apa? 
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar; anggotanya menjadi manusiayang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya. anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya. anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, dan semuanya itu dimaksudkan untuk membuat kita sebagai pengabdi yang berada di gugusan terdepan dalam masa pembangunan dewasa ini. Akhirnya marilah bersama-sama kita songsong masa depan kita dengan penuh persiapan dan tawakkal. Harapan kami, semoga yang Maha Esa selalu memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 

Demikian artikel tentang Contoh Pidato Sambutan atau Amanat Pembina Pramuka SD / MI, SMP/MTs dan SMA/MA Pada Upacara Pramuka darikami dan semoga bermanfaat, Jangan lupa lihat juga :