Pengertian, Cara Membaca dan Menjelaskan Isi Artikel Mata Pelajaran Bhs. Indonesia

Pengertian, Cara Membaca dan Menjelaskan Isi Artikel Mata Pelajaran Bhs. Indonesia - Kali ini kembali kami bagikan sebuah artikel yang cukup menarik dari salah satu mata palataran Bahasa Indonesia yaitu Pengertian, Cara Membaca dan Menjelaskan Isi Artikel Mata Pelajaran Bhs. Indonesia
Pengertian, Cara Membaca dan Menjelaskan Isi Artikel Mata Pelajaran Bhs. Indonesia
Pengertian, Cara Membaca dan Menjelaskan Isi Artikel Mata Pelajaran Bhs. Indonesia

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. ( Wikipedia )

KBBI (2006) – Artikel ialah sebuah karya tulis secara lengkap, contohnya esai di majalah atau laporan berita, surat kabar, dls.

Sumandiria (2004) – Artikel merupakan sebuah tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual & biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan & menghibur para pembaca.

Al-‘Aqli – Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu & setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga para pembaca dapat mengambil inti sari dari sebuah karangan yang ditulis.


Cara Membaca Artikel Untuk Memahami Isinya

Agar anda dapat dengan mudah memahami sebuah artike maka silahkan anda ikuti langkah langkah berikut :

Memilih artikel yang tepat untuk keperluan kita

Ketepatan pemilihan bersifat relatif tergantung untuk keperluan apa kita membaca; apakah semata-mata untuk menambah ilmu ataukah untuk keperluan penelitian kita. Satu hal yang pasti kita harus sudah memiliki ‘kata-kata kunci’ yang kita mau. Kata kata kunci itulah yang nantinya akan kita gunakan untuk mencari artikel via database. Kalau kita tertarik dengan tema “reverse logistics”, maka kita bisa gunakan beberapa kata-kata kunci: “reverse logistics”, “reverse supply chain”, “close loop supply chain”, atau “product life cycle” karena tema ini berkaitan erat dengan reverse logistics.

Kita akan menemukan banyak artikel. Nah, tugas kita berikutnya adalah menyaringnya. Maka hal yang paling mudah adalah dengan membaca judul dan abstraknya. Jika dirasakan itu cocok dengan keinginan kita, maka kita bisa putuskan untuk mengunduhnya.

Membaca efektif artikel ilmiah

Berikut ini saya buat langkah-langkah membaca artikel ilmiah yang efektif (versi saya) sebagai berikut :
  1. Baca bismillaahirrahmaanirrahiim 
  2. Siapkan catatan. Hal ini sangat penting mengingat kita adalah manusia yang mudah lupa.
  3. Baca judul dan abstrak dari artikel. Pahami alur berpikir sang penulis. Abstrak berisikan gambaran besar dari artikel yang akan dibaca. Memahami abstrak akan membantu kita memahami keseluruhan artikel. Biasanya (walau tidak selalu), abstrak terdiri dari: (a) urgensi penelitian, (b) masalah yang dikaji, (c) metode penelitian, (d) hasil dan intrepretasinya, (e) kesimpulan, dan (f) kebaharuan.
  4. Buatlah daftar pertanyaan sebelum membaca. Hal ini akan memudahkan kita untuk fokus pada bagian-bagian penting dari artikel, sehingga proses penyerapan ilmu berjalan dengan efektif. Beberapa pertanyaan yang sebaiknya ada adalah : (a) Apa isu atau masalah yang sedang dibahas (b) Apa gap of research atau peluang pengembangan riset yang dinyatakan oleh penulis (c) Apa tujuan penelitian tersebut (d) Metode apa yang digunakan untuk menjembatani antara gap of research dengan tujuan akhir penelitian yang ingin dicapai (e) Kontribusi dari artikel terhadap praktik di lapangan atau pengembangan ilmu pengetahuan (f) Batasan dari penelitian (g) Peluang penelitian di masa yang akan datang
  5. Memulai membaca. Bacalah dengan pelan tapi teratur. Jika ada bagian yang menarik, silahkan diberi tanda terlebih dahulu, tapi jangan berhenti hingga membaca selesai. Jangan teralihkan dengan bagian-bagian yang membuat kita pusing.
  6. Membaca untuk yang kedua kalinya. Bacalah dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Buat penekanan perhatian pada bagian-bagian yang telah diberi tanda di bagian sebelumnya.
  7. Buat catatan terhadap bagian-bagian yang dianggap menarik, diantaranya: (a) mengecek di daftar referensi, sumber dari bagian yang menarik itu; kemudian menuliskan judulnya untuk further reading, (b) menulis ulang pernyataan yang dianggap menarik, (c) membuat pertanyaan jika dirasa belum paham.
  8. Menulis jawaban-jawaban dari pertanyaan di poin 5 dalam sebuah matriks yang sudah kita siapkan. Matriks ini nantinya akan membantu kita ketika kita melalukan review terhadap seluruh artikel yang kita baca.
  9. Baca artikel lain dengan topik yang sama. Dengan urut-urutan seperti apa yang telah saya tulis di atas.
  10. Nah, ini yang paling penting. Buat tulisan baru dari apa-apa yang kita baca. Idealnya, seluruh artikel yang kita baca nantinya dapat menjadi bahan literature review bagi artikel baru yang akan kita tulis. Menulis ulang juga akan membantu membentuk struktur dalam pikiran kita sehingga nantinya akan mempermudah kita untuk memahami sebuah tema yang dikaji.

Menjelaskan Isi Artikel

Kamu tentu sering menemukan informasi dari sebuah buku atau membaca artikel di surat kabar, majalah, atau internet bukan? Topik apa saja yang kamu suka? Topik adalah permasalahan yang diangkat dalam suatu wacana. Apakah topik artikel yang kamu baca? Politik, sosial budaya, pendidikan, gaya hidup, kesehatan, atau yang lain? Nah, pada pelajaran ini kamu akan diminta untuk menjelaskan isi artikel dari buku atau media yang kamu baca tadi secara lisan. Bagaimana caranya?
Oleh karena itu, ikutilah langkah-langkah berikut :
  1. Bacalah secara intensif informasi dari buku atau artikel tersebut. Membaca intensif, artinya membaca secara sungguh-sungguh untuk menemukan informasi yang dicari secara tepat.
  2. Catat dan tandailah informasi-informasi pokok yang terdapat dalam artikel tersebut.
  3. Susunlah catatanmu tersebut menjadi bentuk kerangka isi artikel.
  4. Satukan kerangka isi artikelmu menjadi bentuk teks uraian informasi yang lengkap dengan tidak mengubah isi artikel asli.
  5. Sampaikan secara lisan uraian informasi dari artikel yang kamu buat dengan bahasa yang jelas.
  6. Saat menyampaikan secara lisan, perhatikan hal-hal berikut.
    -   Sampaikan uraian informasimu secara terstruktur, sehingga dapat dipahami pendengar.
    -   Gunakan gaya bahasa dan gerakan tangan untuk mendukungmu dalam menjelaskan uraian informasimu.
    -   Kuasailah materi yang akan kamu sampaikan.
    -   Sampaikan pula mengenai pandangan, pendapat, kritik, dan masukanmu terhadap isi artikel.