Paragraf Argumentasi Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA

Contohsuratku.net - Salah satu peragraf yang bayak dipelajari di tingkat Sekolah baik itu SMP maupun SMA adalah Pragraf Argumentatif atau Argumentasi, Pragraf Argumentatif atau Argumentasi akan kami bahs yang berkaitan dengan Mata Pelajaran SMA terutama Kelas X. 

Paragraf Argumentasi Materi Pelajaran Bahasa Indonesia

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan kamitentang Paragraf Argumentasi Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA berikut ini : 
Paragraf Argumentasi Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA
Paragraf Argumentasi Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA

Pengertian Argumentasi

Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat yang berisi suatu gagasan (ide). Paragraf yang baik harus memenuhi syarat kesatuan, kepaduan dan kelengkapan. kesatuan paragraf maksudnya tiap paragraf hanya mengandung satu kalimat pokok (utama). Syarat kepaduan paragraf maksudnya adalah hubungan antar kalimat yang saling berkaitan sehingga logis dan serasi. Paragraf dikatakan lengkap bila terdapat kalimat - kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjukan pokok pikiran (kalimat utama).   

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengungkapkan pendapat yang disertai dengan fakta, alasan, contoh dan bukti - bukti yang mengandung pendapat tersebut. Tujuannya agar pembaca meyakini pendapat yang disampaikan tersebut.
Jenis Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan pola hubungan sebab akibat , akibat sebab, dan generalisasi. Hubungan sebab akibat bertolak dari peristiwa yang dianggap sebab kemudian menuju simpulan sebagai efek (akibat). Hubungan akibat sebab berlaku sebaliknya. sedangkan generalisasi bertolak dari satu fakta atau peristiwa khusus yang memiliki kemiripan untuk membuat sebuah simpulan. 

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Terdapat penjelasan yang berfungsi untuk isi dari tulisan.
Untuk penulisan karya tulis bersifat nonfiksi atau ilmiah.
Memberikan asumsi yang bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada orang lain, bahwa apa yang dikemukakan benar.
Terdapat fakta atau bukti-bukti yang terdapat dalam paragaf tersebut baik itu berupa tabel, data, gambar sebagai pendukung bahwa tulisan atau karya tulis tersebut valid.
Terdapat kesimpulan diakhir paragraf sebagai pendukung dari keterangan dan fakta yang telah dipaparkan.

Cara Membuat Paragraf Argumentasi

  1. Pertama yang harus dilakukan untuk membuat paragraf argumentasi ialah menentukan tema cerita serta topik  yang akan dituangkan ke dalam paragraf.
  2. Merumuskan tujuan penulisan
  3. Mengumpulkan serta menentukan bahan-bahan cerita yang bisa berbentuk bukti, fakta maupun pernyataan pendukung lainnya.
  4. Langkah keempat yaitu membuat kerangka karangan
  5. Selanjutnya yang terakhir adalah mengembangkan kerangka-karangan yang telah dibuat agar menjadi suatu karangan yang dituangkan dalam satu paragraf.

Contoh Paragraf Argumentasi yang Pertama

Pembunuhan seorang pria yang terjadi di jalan merdeka akhir pekan lalu ternyata sudah menemui titik terang. Hal tersebut disimpulkan oleh anggota kepolisian yang melakukan penyidikan ditempat itu selama satu minggu ini. Dia mengungkapkan bahwa pelakunya adalah orang dekatnya. Hal itu diperkuat dengan bukti yang terdapat di telepon genggam miliknya sebelum peristiwa terjadi dimana korban sempat menghubungi pelaku lewat sms. Namun saat ini pencarian pelaku masih terus dilakukan. Kabar terakhir yang diterima bahwa pelaku telah melarikan diri keluar kota.

Contoh Paragraf Argumentasi yang Kedua

Pisang memang terbukti dapat membantu sesorang menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu di dalam buah pisang terdapat serat yang cukup tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Pisang juga dapat membuat seseorang cepat merasa kenyang sehingga nafsu makan dapat berkurang dan hal tersebut tentunya sangat membantu untuk mempercepat program diet.

Contoh Paragraf Argumentasi yang Ketiga

Pembalap Moto GP Valentino Rossi sangat kecewa dengan hasil yang didapat di sirkuit sepang akhir pekan kemarin. Hal tersebut tidak lain karena insiden balapan yang melibatkan dia dengan salah satu pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang mengakibatkan pembalap muda itu keluar lintasan dan gagal menyelesaikan balapan. Sang juara Moto GP tujuh kali itu menyangkal tuduhan yang datang kepadanya yang menyebutkan dia menendang Marquez hingga keluar lintasan. Rossi pun membela diri menyebutkan Marquez yang nekat menyalipnya saat di tikungan. Berdasarkan video balapan tersebut Marquez memang terlihat memepet Rossi saat berada ditikungan namun ia gagal dan akhirnya terjatuh. Sekilas pada video tersebut memang terlihat lutut dari Valentino Rossi mengenai stang pembalap Repsol honda itu. Namun hal ini sedang di selediki oleh panitia penyelenggara dengan menelaah video balapan tersebut. Jika terbukti bersalah The Doctor akan dikenai sanksi  yang membuatnya jelas dirugikan karena mengingat seri selanjutnya adalah seri penentuan di Valencia, Spanyol.

Demikian artikel dari kami tentang Paragraf Argumentasi Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga :