Memberikan Kritik Informasi Media, Pengertian, Cara Menyampaikan, Contoh Kritikan

Memberikan Kritik Informasi Media, Pengertian, Cara Menyampaikan, Contoh Kritikan - Sebuah keritikan terhadap informasi, yang ada di media merupakan salah satu Materi Pelajaran Bahasa Indonesia yang perlu di kuasai, karena jangan sampai salah memahami dan bisa saja menimbulkan hal yang tidak di inginkan, untuk itu silahkan ikuti penjelasan kami berikut ini :
Memberikan Kritik Informasi Media, Pengertian, Cara Menyampaikan, Contoh Kritikan
Memberikan Kritik Informasi Media, Pengertian, Cara Menyampaikan, Contoh Kritikan

Pengertian Kritik

"Kritik adalah masalah dalam penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu tindakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau dapat membantu memperbaiki pekerjaan".

Cara Menyampaikan Kritik 

Agar kritikan-kritikan yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh yang menerima kritikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan kritikan. Karena tidak jarang kritikan yang diberikan akan menjadi bumerang bagi yang memberikan kritikan. Pada dasarnya menyampaikan sebuah kritikan adalah hal yang baik, karena bisa memberikan kekurangan yang ada pada tindakan kita tersebut.

Pikir Dengan matang Kritik Yang Akan Disampaikan

Kritikan itu sebenarnya baik untuk menyadarkan sesorang akan kekurangan atau kesalahannya, namun kritik juga berbuah salah paham, hubungan yang tidak baik bagi mereka yang tidak suka dikritik. Untu itu Sebelum menyampaikan keluhan atau kritik pada rekan kerja, pikirkan kembali apakah akan berpengaruh pada situasi kerja tim. Sebaiknya, pastikan rekan kerja lain punya pemikiran sama dengan Anda.

Sampaikan Kritik Dengan Diplomatis

Kritik yang disampaikan secara tidak benar hanya akan membuat salah paham. Anda harus menyampaikannya dengan cara diplomatis, menggunakan kata kata yang baik dan sopan. Jangan pernah mengkritik dengan kesan memojokkan atau menyalahkan orang tersebut. Jika Anda berada di posisinya, tentu merasa tidak nyaman kan? Pastikan menyampaikan kritik dengan singkat dan mudah dipahami. Jangan bertele-tele, apalagi berpanjang lebar karena akan membuat emosinya kian bertumpuk.

Siapkan solusinya Jika Anda Mengkritik

Banyak orang memiliki kritik kritik yang tajam dan detail dari sebuah kritikan, namun mereka selalu tidak mempunyai solusi dari kritik yang mereka utarakan. Mereka hanya bisa mengkritisi sesuatu namun tidak memiliki solusi pemecahan dari masalah yang mereka kritisi. Jangan asal memberi kritik, ada baiknya Anda juga memberikan saran sebagai solusi. Cara ini bisa meminimalisasi rasa kesal rekan kerja yang Anda kritik. Tidak mau kan rekan kerja melabel Anda sebagai si tukang mengeluh?

Bicara dan dengarkan

Jika anda mempunyai kritikan terhadap orang lain anda juga harus mendengarkan alasan ataupun pendapat mereka, mungkin kritik yang anda utarakan memang benar namun mungkin saja mereka juga mempunyai alasan yang benar sehingga melakukan hal-hal yang menjadikan kritik buat anda. Setiap memberi kritik, beri waktu kepada lawan bicara untuk menyampaikan pendapat dan tanggapan mereka. Ingat, kritik bukanlah sarana untuk membuat citra seseorang menjadi buruk. Kritikan yang baik akan memotivasi seseorang untuk berbuat yang lebih baik.

Pilih waktu tepat Untuk Menyampaikan Kritik

Bagaimanapun kritik adalah hal yang sensitif. Karena itu, usahakan cari waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik Anda. Lihat dulu suasana hatinya, apakah sedang mendung atau cerah. Suasana hati yang cerah akan memudahkan rekan kerja Anda dalam menerima kritik. Selain itu, hindari melontarkan kritik di depan umum. Kritik yang dilontarkan secara tidak tepat, tidak sesuai tempat akan menimbulkan kesalahpahaman, bukan motivasi membangun yang didapat malah akan menimbulkan perpecahan dan hubungan yang tidak baik.

Kritik dan Dikritik

Jika anda bisa mengkritik sesorang untuk berbuat lebih baik lagi maka anda juga harus bisa menerima jika kritikan itu datang kepada anda. Kritik itu baik kok selama apa yang menjadi bahan kritikan itu membangun, dan yang harus diingat adalah jika anda mengkritik sesorang atas kesalahan yang dibuat anda juga harus menghindari kesalahan yang sama.

Contoh Kalimat Kritik yang Baik

  1. Berikut contoh kalimat yang mengandung kritikan
  2. Penampilan kamu malam ini sudah bagus, hanya saja pemilihan kostum yang kau gunakan pada malam ini kurang cocok dengan postur tubuh kamu yang pendek.
  3. Kenaikan BBM akan menimbulkan kesejahteraan masyarakat semakin menurun. Hal ini karena kenaikan BBM akan diikuti dengan kenikan harga – harga lain serta tarif angkutan. Nasib rakyat kecil semakin diujung tanduk
  4. Penegakkan hukum dinegara kita masih dimanipulasi oleh pemainan orang – orang yangberkuasa. Seharusnya mata hukum harus sama tanpa mengenal status sosial, aparat penegak hukum hendaknya mampu menegakkan hukum tanpa pandang bulu.
  5. Pendidikan tak hanya melulu tanggung jawab aparat sekolah, namun keluarga serta masyarakat justru memiliki andil besar dalam pembentukkan pendidikan disekolah. Harapannya para stakeholder mampu saling bersinergi membentuk karakter anak bangsa.
  6. Mengingat sekarang jumlah pengangguran makin bertambah, sekolah ataupun universitas sebaiknya tak hanya melulu membekali siswaya hanya dengan pengetahuan namun juga dengan keterampilan agar setelah keluar dari sekolah siswa mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. 
  7. Sebenarnya kamu sama cantiknya seperti mereka, hanya saja kau menyembuyikan kecantikanmu itu hingga banyak orang tak menyadari bahwa kau memamng amat cantik
  8. Hari ini kamu telah mencatatkan rekor terbaru dengan berhasil finis pada 3 detik, hanya saja kamu harus menjaga posisi ketika sedang berada ditikungan, gunakan teknik pengereman yang baik agar menjaga kecepatan motormu. 
  9. Tayangan serial kartun Sinchan memang lucu dengan karakternya, namun tayangan ini memberikan contoh yang tidak baik bagi perkembangan anak – anak. 
  10. Orang tua hendaknya jangan melepas begitu saja anak –anak mereka. Orang tua harus mendampingi putra –putrinya dalam menonton acara televisi, mengingat banyak tayangan TV yang tidak patut ditonton apalagi dicontoh putra – putri. 
  11. Tulisanmu ini kurang teratur dan belum tersusun dengan baik. Tambahkan data – data pendukung untuk menguatkan pernyataan yang kamu buat.
Demikian artikel tentang Memberikan Kritik Informasi Media, Pengertian, Cara Menyampaikan, Contoh Kritikan yang sempata kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga :