Langkah dan Teknik Penyampaian Memberikan Persetujuan dan Dukungan Isi Artikel

Contohsuratku.net - Pada kesempatan ini kami akan berbagi sebuah artikel dari salah satu Materi Pelajaran Bhs. Indonesia Kslas X tentang Langkah dan Teknik Penyampaian Memberikan Persetujuan dan Dukungan Isi Artikel yang tidak bisa di abaikan dan dipandang begitu saja.
Langkah dan Teknik Penyampaian Memberikan Persetujuan dan Dukungan Isi Artikel
Langkah dan Teknik Penyampaian Memberikan Persetujuan dan Dukungan Isi Artikel

Memberikan Persetujuan dan Dukungan Isi Artikel

Pada topik ini, kalian akan mempelajari teknik penyampaian persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang kalian baca atau dengar dalam media massa, baik cetak maupun elektronik

Pengertian Artikel

Artikel ilmiah adalah suatu karya ilmiah yang ditulis untuk dimuat dalam jurnal/majalah ilmiah dengan tata cara penulisan yang mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan/laboratorium, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan proyek. Sumber bahan untuk menulis artikel ilmiah dapat berupa laporan hasil penelitian, kumpulan makalah, buku dan diktat/bahan ajar, serta laporan kegiatan pengembangan proyek. 

Publikasi artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah dimaksudkan untuk mengkomunikasikan gagasan atau temuan yang penting untuk diketahui oleh pembaca. Umumnya gagasan yang ditulis dalam bentuk artikel adalah gagasan atau temuan baru yang memiliki orisinalitas dan memiliki sumbangan tinggi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dari penemunya. Jika gagasan yang ditulis sudah umum, biasanya penulis menuangkannya dalam bentuk buku atau diktat.


Jenis Jenis Artikel

Secara umum artikel dapat dibedakan menurut jenis dan tingkat kesulitan yang dihadapinya, antara lain: Artikel praktis, artikel ringan, artikel halaman opini, dan artikel analisis ahli.


Artikel Praktis

Artikel praktis lebih bersifat petunjuk praktis tentang cara melakukan sesuatu (how to do it), misalnya cara instal komputer, cara merawat ikan arwana, dsb. Artikel praktis lebih menekankan pada aspek ketelitian dan keterampilan daripada aspek pengamatan dan pengembangan pengetahuan. Artikel praktis biasanya ditulis menggunakan pola kronologis, pesan disusun berdasarkan urutan waktu atau tahapan pekerjaan.


Artikel Ringan

Artikel ringan lazim ditemukan pada rubrik anak-anak, remaja, wanita, dan keluarga. Artikel jenis ini banyak mengangkat bahasan yang ringan dengan penyajian yang ringan pula. Topik seperti kiat sukses belajar di perguruan tinggi, tujuh ciri wanita setia, dsb, termasuk ke dalam artikel ringan. Artikel ringan dikemas dengan gaya paduan informasi dan hiburan (infotainment).


Artikel Halaman Opini

Semua artikel merupakan opini (views), sifatnya subjektif. Penamaan artikel halaman opini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam mengenali jenis artikel yang terdapat dalam media cetak. Selain itu untuk mengenali karakter isi, pendekatan, dan topik yang dikupasnya. Artikel yang membahas cara cepat mengatasi jerawat, tidak akan kita temukan di halaman opini.

Artikel opini lazim ditemukan pada halaman khusus opini, bersama opini yang lain yakni tajuk rencana, kolom, pojok, karikatur, dan surat pembaca. Artikel opini mengupas suatu masalah secara serius dan tuntas melalui pendekatan analitis akademis. Sifatnya relatif berat, karenanya artikel opini kerap ditulis oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan, pengetahuan, keahlian, atau pengalaman memadai di bidangnya masing-masing.


Artikel Analisis Ahli

Artikel analisis ahli biasa kita temukan pada halaman muka, halaman-halaman berita, atau halaman khusus. Sesuai dengan namanya, artikel ini ditulis oleh ahli atau pakar di bidangnya dalam bahasa yang populer dan komunikatif. Artikel analisis ahli mengupas secara tajam dan mendalam suatu persoalan. Topik yang diangkat bisa bermacam-macam, seperti ekkonomi, politik, pendidikan, sosial, agama, budaya, indsutri, dan iptek.

Sedangkan dalam buku Jurnalistik Praktis karya Romli (2009), disebutkan bahwa ada empat jenis artikel (berdasarkan isinya) yang meliput i:

  1. Artikel Deskriptif. Tulisan yang isinya menggambarkan secara detail atau pun garis besar tentang suatu masalah, sehingga pembaca mengetahui secara utuh masalah yang dikemukakan.
  2. Artikel Eksplanatif. Isinya menerangkan sejelas-jelasnya tentang suatu masalah, sehingga pembaca memahami betul masalah yang dikemukakan.
  3. Artikel Prediktif. Berisi ramalan atau dugaan apa yang kemungkinan terjadi pada masa mendatang, berkaitan dengan masalah yang dikemukakan.
  4. Artikel Preskriptif. Isinya mengandung ajakan, imbauan, atau perintah bagi pembaca agar melakukan sesuatu. Kata-kata 'harus', 'seharusnya', 'hendaknya', 'seyogianya', dsb mendominasi tulisan jenis ini.

Persetujuan terhadap Artikel

Artikel yang ada dalam media cetak atau media elektronik bisa jadi menimbulkan dua sikap yang berbeda bagi pembacanya, yaitu setuju atau tidak setuju. Jika seseorang tidak setuju dengan isi artikel yang dibacanya, dia dapat menyampaikan kritik terhadap artikel tersebut. Sebaliknya, jika pembaca setuju, dia dapat menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel tersebut.

Teknik penyampaian persetujuan atau dukungan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Membaca secara cermat artikel yang akan ditanggapi;
  2. Mendata berbagai informasi yang didapatkan dari artikel yang Anda baca atau dengar dengan menyebutkan sumber aslinya;
  3. Rumuskan beragam persoalan yang muncul dari informasi yang telah dihimpun, terutama persoalan yang sedang hangat terjadi dalam masyarakat. Rumusan ini dapat menyangkut apa masalah yang dibicarakan, siapa yang menimbulkan masalah, bagaimana masalah tersebut diselesaikan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah tersebut.
  4. Kemukakan persetujuan atau dukungan terhadap persoalan tersebut disertai dengan argumentasi atau alasan yang kuat.

Kalimat Persetujuan Terhadap Artikel

Dalam menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap sebuah artikel, maka perlu digunakan kalimat-kalimat persetujuan. Kalimat persetujuan di antaranya ditandai dengan berbagai macam kata atau frase berikut ini.

  1. Saya setuju dengan ….
  2. Saya sependapat dengan .…
  3. Saya mendukung ….
  4. Tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan ….
  5. Menurut saya, hal tersebut adalah benar. Maka, ….

Contoh Persetujuan atau Dukungan terhadap Artikel

Saya membaca salah satu artikel dalam koran Suara pada ................... bahwa pemerintah akan tegas memberlakukan denda bagi pembuang sampah sembarangan. Di dalam artikel tersebut disebutkan bahwa peraturan tersebut sebenarnya sudah tertulis dalam peraturan pemerintah namun pelaksanaan belum optimal. Maka, saat ini peraturan tersebut akan benar-benar ditegakkan.

Menanggapi hal tersebut, saya sangat setuju dengan keputusan tersebut. Sampah adalah masalah terbesar yang dihadapi negara ini. Banyak musibah yang disebabkan masyarakat membuang sampah sembarangan, seperti banjir di berbagai kota di Indonesia. Oleh sebab itu, semoga pemerintah dapat benar-benar menerapkan peraturan denda tersebut sehingga masyarakat semakin sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Poin Penting


  1. Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat seseorang terhadap berbagai hal atau informasi yang bermanfaat untuk orang lain yang biasanya ditulis di media massa.
  2. Isi artikel yang dibaca atau didengar dapat menimbulkan dua sikap berbeda bagi pembacanya, yaitu setuju atau tidak setuju.
  3. Teknik penyampaian persetujuan antara lain: (a) membaca, (2) mendata, (3) merumuskan, dan (4) mengemukakan persetujuan.
  4. Persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel ditandai dengan kalimat persetujuan, seperti: saya setuju dengan …, saya sepakat dengan …, dan lain-lain.

Demikian artikel tentang Langkah dan Teknik Penyampaian Memberikan Persetujuan dan Dukungan Isi Artikel yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat dan jangan lupa baca juga :