Sebelum Melamar Kerja, Siapkan Diri Anda dengan Matang dengan 5 Hal Berikut

Sebelum Melamar Kerja, Siapkan Diri Anda dengan Matang dengan 5 Hal Berikut - Persaingan lamaran pekerjaan saat ini memang sangat ketat, hal ini dikarenakan banyaknya tenaga kerja yang melamar, akibatnya banyak diantara kita yang sudah pentang-panting kesana kemari mendaftarkan diri namun tidak juga berhasil seperti yang diharapkan.

Siapkan Diri Anda dengan Matang dengan 5 Hal Berikut

Untuk memperoleh pekerjaan idaman, dibutuhkan usaha. Oleh karenanya, kamu harus memepersiapkan segalanya agar matang sehingga kamu bisa lebih siap memulai pekerjaan yang baru nanti.
Sebelum Melamar Kerja, Siapkan Diri Anda dengan Matang dengan 5 Hal Berikut
Sebelum Melamar Kerja, Siapkan Diri Anda dengan Matang dengan 5 Hal Berikut
Awal dari usaha itu adalah dengan melamar kerja ke perusahaan yang kamu minati. Sayangnya, saat ini masih banyak yang tidak mempersiapkan dirinya ketika melamar kerja. Sehingga banyak yang gagal dalam proses seleksi maupun wawancara kerja.

Ada baiknya jika kamu mulai mempersiapkan diri, sebelum memastikan diri untuk melamar kerja ke perusahaan yang kamu tuju.

Berikut  5 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan.

1. Membaca dengan benar profil perusahan yang akan dilamar.
Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini juga berlaku di dunia kerja. Penting banget bagi kamu untuk mengetahui tentang perusahan yang akan dilamar. Ketahui apa visi dan misi mereka. Pencapaian apa yang mereka telah dapatkan selama ini. Bisnis seperti apa yang mereka jalani. Apakah bisnis mereka sesuai dengan passion kamu atau tidak. Dengan mengenal baik perusahan yang akan kamu lamar membuatmu lebih dekat dan familiar pada perusahaan itu. Kamu bisa mencari informasi tentang perusahan tersebut dengan menggunakan di internet.

2. Membaca job description dengan baik.
Hal ini penting bagi kamu yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Pelajari dengan benar apa saja job desk pekerjaan yang kamu lamar. Kandidat seperti apa yang mereka butuhkan, jurusan yang mereka butuhkan, keahlian yang mereka inginkan. Sehingga dalam membuat surat lamaran, kamu bisa menonjolkan keahlian yang mereka butuhkan dalam diri kamu itu. Misalnya sebuah perusahaan mencari Sarjana Komputer yang fasih berbahasa Inggris. Maka dalam surat lamaran dan CV kamu bisa ditulis.

“Saya adalah seorang sarjana komputer yang mengikuti kursus bahasa inggris. Saya lampirkan sertifikat kursus dan nilai TOEFL saya.”. Hal ini tentu saja bisa menjadi nilai tambah.

3. Menulis surat lamaran dan CV dengan EYD yang benar dan tanpa kesalahan ketik.
Kesalahan EYD dan typo adalah Big No dalam surat lamaran kerja. Kalau kamu sampai melakukannya, pihak perusahan yang kamu lamar akan memandang kamu sebagai orang yang tidak teliti dan terburu-buru. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan bagi mereka untuk menerima kamu. Pastikan setelah mengetik surat lamaran dan CV, untuk melihat satu-satu setiap baris dan kata. Jangan sampai ada penggunaan kata yang nonbaku dan kesalahan ketik.

4. Perbaiki profil kamu di Internet.
Sebelum melamar pekerjaan, pastikan profil kamu di internet telah siap seperti dirimu. Beberapa perusahan ada yang melakukan pencarian calon kandidat melalui internet. Biasanya pencarian itu akan membawa mereka ke page media sosial seperti facebook, twitter, dan tentu saja LinkedIn. Pastikan media sosial ini menunjukan profesionalitasmu. Kamu bisa mulai dengan memperbarui data kamu di Linkedin.

Ini adalah salah satu situs tentang karir yang sangat berguna. Isi segala hal yang berhubungan dengan kerjaan kamu sebelumnya atau pencapaian yang telah kamu lakukan. Setelahnya jangan lupa untuk memperbaiki data diri kamu di facebook. Isi kolom pekerjaan dan posisi kamu di pekerjaan sebelumnya dengan baik dan sertai pencapaian yang telah kau lakukan. Buatlah agar profil tentangmu di facebok merefleksikan profesionalitasmu tanpa terbaca seperti aplikasi pekerjaan.

Menulis “Seorang desainer grafis yang mencintai kopi” terbaca pas di kolom tentangmu di facebook. Sementara “Saya memiliki pengalaman mendesain selama enam tahun dan sedang mencari pekerjaan” terbaca terlalu berlebihan. Pastikan juga twittermu tidak dipenuhi oleh tweet yang terlalu berlebihan. Misalnya mengeluh sepanjang waktu, membicarakan bos dan teman kerja. Kalau kamu punya blog personal, pastikan juga blogmu tidak mengandung postingan yang negatif. Membangun pencitraan di media sosial penting dan sangat perlu.

5. Berdoalah
Nah yang ini tak kalah penting. Melibatkan Tuhan dalam segala hal adalah yang wajib. Kalau kamu sudah berusaha dan mnengandalkan Tuhan, segala hal akan sukses. Selamat melamar kerja dan semoga mendapatkan pekerjaan impian.

Usaha usaha persiapan seperti diatas memang wajib dilakukan sebelum mendaftarkan diri untuk menduduki suatu jabatan tertentu.

Demikian artike tentang Sebelum Melamar Kerja, Siapkan Diri Anda dengan Matang dengan 5 Hal Berikut yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa membantu anda dan jangan lupa baca juga :