Menyimpulkan Informasi yang Didengar Melalui Tuturan Langsung dan Tidak Langsung

Contohsuratku.net - Salah satu Materi Pelajaran dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang tidak bisa diabaikan adalah Menyimpulkan Berbagai Informasi yang Didengar. dalam hal ini bayak siswa yang kadang merasa bingung dengan mata pelajaran ini, padahal mereka bukannya tidak dapat menyelasaikan masah itu dengan mudah cuma kadang mereka belum memahaminya, untuk itu pada kesempatan ini kami kembali berbagi sebuah artikel tentang Menyimpulkan Informasi yang Didengar Melalui Tuturan Langsung dan Tidak Langsung.
Menyimpulkan Informasi yang Didengar Melalui Tuturan Langsung dan Tidak Langsung

Menyimpulkan Informasi yang Didengar Melalui Tuturan

Informasi dapat kita dengar dari tuturan langsung, seperti diskusi, gelar wicara, pidato, siaran berita, bahkan perbincangan biasa dengan teman-teman. Informasi penting bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan mentimak informasi dengan baik. Caranya mencatat pokok - pokok isi informasi yang disampaikan, menyimpulkan dengan runtut dan mudah dipahami. Kemudian, sampaikan informasi tersebut kepada orang lain.

Pengertian Tuturan Langsung  

Tuturan langsung (lisan) adalah tuturan yang berisi informasi yang diperoleh dari narasumber secara langsung. Contoh tuturan langsung : percakapan, pidato, diskusi, komentar lisan dan wawancara, percakapan di radio/televisi. Ciri tuturan langsung adalah hanya dapat didengar sekali.

Radio dan televisi adalah jenis media elektronik yang banyak digunakan masyarakat.Dalam kedua media ini terjadi interaksi berupa kemunikasi satu arah atau dua arah. Komusikasi satu arah, penyiar menyampaikan informasi kepada pendengar atau pirsawan. Komunikasi dua arah interaksi yang terjadi timbal balik antara penyiar dan permirsa (pendengar).

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhartikan dalam mendengarkan untuk memperoleh informasi tuturan langsung dengan tepat, yaitu kata kunci, sumber yang terjadi rujuka penyiar, tujuan informasi itu diberikan, dan akurasi informasi yang disampaikan.

Langkah - langkah agar dapat mencatat pokok - pokok informasi tuturan langsung, kita harus punya prinsip - prinsip mendengarkan. Seseorang dikatakan mampu mendengarkan tuturan langsung apabila menggunakan prinsip - prinsip berikut :
  1. Bersiap mendengarkan dengan pikiran terbuka (berkonsentrasi)
  2. Memahami ide dan fakta dalam tuturan langsung
  3. Menilai iden dan fakta dalam tuturan langsung
  4. Memotivasi diri untuk mencatat dan membuat laporan hasil menyimak
  5. Mencari hal - hal menaarik baru, tepat dan berguna dari informasi tuturan tidak langsung.
  6. Menagkap teknik penguraian dari tuturan langsung.
  7. Berlatih mendengarkan berbagai siaran langsung

Langkah - langkah menulis kesimpulan :
  1. Mendengarkan dengan teliti isi informasi yang disampaikan secara langsung.
  2. Menafsirkan pokok - pokok informasi (5W + 1H) yang telah disampaikan.
  3. Menulis kembali pokok - pokok informasi tersebut secara ringkas.

Pengertian Tuturan tidak langsung

Dan tuturan tidak langsung (bacaan) adalah tuturan yang berisi informasi yang diperoleh dari narasumber secara tidak langsung.  Contoh tuturan tidak langsung : internet, rekaman, VCD. Ciri tuturan tidak lngsung adalah dapat didengar berulang - ulang.

Kegiatan menangkap informasi tuturan tidak langsung pada prinsipnya sama dengan menangkap informasi secara langsung. Yang membedakan hanyalah sumber informasinya. sumber informasi secara langsung adalah seseorang yang diistilahkan dengan informan. Sedangkan sumber informasi kegiatan tuturan tidak langsung umunnya diperoleh melalui media  internet, rekaman, VCD.

Anda dapat meyimpulkan isi informasi yang disampaikan secara tidak langsung. Simpulan atau ringkasan merupakan cara efektif untuk meyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat. Tujuan membuat ringkasan atau simpulan adalah untuk memahami atau mengatur isi informasi.

Langkah membuat simpulan dari tuturan tidak langsung :
  1. Membaca naskah asli.
  2. Mencatat gagasan utama
  3. Membuat Reprosuksi, yaitu meyusun kembali suatu karangan singkat (ringkasan) berdasarkan gagasan utama.

Membuat Kesimpulan Informasi yang Didengar

Bagaimana cara membuat kesimpulan dari informasi langsung?
Dengarkan dengan teliti, cari kata-kata yang penting/ pokok-pokok informasi, kemudian rangkailah kata-kata penting tersebut dengan kalimat sendiri secara ringkas agar menjadi sebuah paragraf.

Langkah-langkah menulis kesimpulan
  1. Mendengarkan dengan teliti isi informasi yang disampaikan secara langsung
  2. Menginterpretasi atau menafsirkan pokok informasi yang disampaikan
  3. Menulis kembali pokok-pokok informasi tsb dengan kalimat sendiri secara ringkas

Apa kesimpulan merangkaikan pokok-pokok informasi? Kesimpulan tersebut dapat anda susun dengan merangkaikan pokok-pokok informasi tersebut secara logis dan sistematis.
  
Untuk lebih memahaminya silahkan ikuti contoh informasi berikut ini :

Jakarta Operasikan Waterway
Impian warga ibu kota untuk mendapatkan layanan transportasi air menjadi kenyataan. Ini setelah dua kapal penumpang (waterway) secara resmi melayani masyarakat dari Dermaga Halimun hingga Dermaga Dukuh Atas sepanjang 1,7 kilometer kemarin.

Angkutan air tersebut dapat dijadikan alternatif transportasi umum di Jakarta. Hanya saja, untuk jangka waktu hingga dua tahun mendatang masih difokuskan untuk keperluan pariwisata. Peresmian ini sekaligus menjawab keraguan masyarakat atas keseriusan Pemprov DKI Jakarta membenahi wilayah sungai dan dijadikan sebagai salah satu alternatif angkutan umum.

Pembangunan waterway merupakan bagian dari skenario besar penataan sistem transportasi di wilayah Jakarta yang dikenal dengan Pola Transportasi Makro (PTM). Penataan transportasi ini meliputi pembangunan Bus Rapid Transportation (busway), Light Rapid Transit, Mass Rapid Transportation (monorail) serta armada waterway (angkutan sungai).

Berikut ini pokok-pokok informasi “Jakarta Operasikan Waterway"
  • Dua kapal penumpang (waterway) secara resmi melayani masyarakat dari Dermaga Halimun hingga Dermaga Dukuh Atas sepanjang 1,7 kilometer kemarin.
  • (kalimat ini dapat memenuhi unsur what/ apa, where/ di mana, dan when/ kapan).

Apa isi informasi tersebut?
  • Di mana tempat terjadinya informasi tersebut?
  • Kapan informasi tersebut terjadi?

Angkutan air tersebut dapat dijadikan alternatif transportasi umum di Jakarta. Hanya saja, untuk jangka waktu hingga dua tahun mendatang masih difokuskan untuk keperluan pariwisata.  Peresmian ini sekaligus menjawab keraguan masyarakat atas keseriusan Pemprov DKI Jakarta membenahi wilayah sungai dan dijadikan sebagai salah satu alternatif angkutan umum.
(kalimat-kalimat ini dapat memenuhi unsur how/ bagaimana dan who/ siapa).

Bagaimana informasi itu terjadi?
Siapa yang berperan dalam informasi tersebut?
Pembangunan waterway merupakan bagian dari skenario besar penataan sistem transportasi di wilayahnya yang dikenal dengan Pola Transportasi Makro (PTM).
(kalimat ini dapat memenuhi unsur why/ mengapa).

Mengapa peristiwa dalam informasi tersebut terjadi ?
Berdasarkan pokok-pokok informasi yang telah ditentukan tersebut, Anda dapat lebih mudah menyimpulkan informasi yang Anda dengar. Anda dapat membuat simpulan dengan urutan pokok informasinya, sehingga menjadi simpulan yang runtut. Simpulan yang telah dibuat dapat disampaikan kepada orang lain dengan runtut dan jelas. Dengan kata lain, kalimat-kalimat yang digunakan tersusun secara rapi, intonasi dan lafal diungkapkan secara jelas.

Demikian artikel tentang Menyimpulkan Informasi yang Didengar Melalui Tuturan Langsung dan Tidak Langsung yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga :
  1. Menulis Puisi Baru : Distikon, Terzina, Kuatrin, Quint, Sektet, Septima, Stanza dan Soneta
  2. Menulis Puisi Lama : Pengertian, Contoh, Ciri-ciri, Jenis dan Langkah-langkahnya
  3. Dasar Belajar Menanggapi dan Memahami Informasi Berita yang Didengar