Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi Materi BI Kls X

Contohsuratku.net - Dalam pelajaran tentang Puisi bayak siswa yang merasa bingung, hal ini karena mereka tidak bisa mengerti makna sebuah puisi. Memaknai sebuah puisi memang suli jika kita tidak mengerti bagaimana dan langkah langkah apa yang harus ditempuh untuk memaknai sebuah Puisi, apalagi kalau Puisi itu hanya dibaca, dan untuk mengerti hal tersebut silahkan anda ikuti dan penjelasan artikel kami tentang Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi Materi BI Kls X berikut :
Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi Materi BI Kls X
Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi
Materi BI Kls X

Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi

Berikut ini kami sajikan langkah langkah memahami dalam Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi sebagai berikut :

Menyingkap judul

Judul merupakan identitas atau cap sebuah puisi. Biasanya judul sudah memberikan gambaran isi sebuah puisi secara garis besar. Mursal Esten mengibaratkan judul sebagai sebuah lubang kunci untuk menengok makna keseluruhan puisi itu. Bahkan melalui judul tersebut dapat terbuka makna yang ada dalam sebuah puisi

Untuk menyingkap makna sebuah judul, harus dicari dulu makna lugasnya. Usahakan  memahami makna kata, frase, atau kalimat demi kalimat. Untuk mencari makna judul sebuah puisi, sebaiknya menggunakan makna baku terlebih dahulu seperti yang ada dalam kamus. Setelah itu baru mencari makna tambahannya.

Memahami Makna Kata Kunci

Dalam setiap puisi terdapat beberapa kata yang menentukan makna puisi itu. Kata-kata seperti itu dinamakan kata kunci. Kata kunci adalah kata yang sering diulang penyair dalam puisinya, misalnya kata yang menunjukan waktu dan tempat, kata-kata asing, atau kata-kata yang sengaja diberi perhatian khusus oleh penyair dengan memberi garis bawah, mencetak miring, dan sebagainya.

Makna kata dalam sebuah puisi meliputi makna lugas atau makna leksikal, makna citraan atau makna imajis, dan makna lambang. Jadi untuk memahami puisi, ketiga makna tersebut harus diungkapkan

Makna Lugas

Makna lugas adalah sebuah kata, frase, atau kalimat yang maknanya sesuai dengan makna leksikal atau makna yang terdapat dalam kamus. Dalam puisi-puisi muka, pada umumnya makna lugas dari kata-kata itu sudah diketahui dengan baik. Namun, ada beberapa kata yang mungkin perlu di cari maknanya di dalam kamus agar makna kata tersebut bisa di pahami dengan baik.

Makna Citraan atau Makna Imajis

Dalam memilih sebuah kata, seorang penyairtidak hanya bermaksud menyampaikan makna lugas saja. Lebih dari itu, penyair membentuk citraan atau imaji tertentu pada pikiran pembacanya. Makna yang ditimbulkan itu disebut makna citraan atau makna imajis.

Makna Lambang

Penyair seringkali memberi beban pada kata tertentu melebihi makna yang biasa dikandung makna kata tersebut. Dalam puisi, sebuah kata dapat saja merupakan lambang dari sesuatu  di samping memiliki makna yang biasa. Beban tambahan itu disebut makna lambang sebuah kata. Pembaca harus berupaya untuk menyingkapkan makna lambang sebuah kata dalam puisi dengan beberapa kemungkinan yang ada.

Mengusut Rujukan Kata Ganti

Penyair sering menggunaka kata ganti, kata penyapa, atau nama seseorang dalam puisinya. Penggunaan kata-kata tersebut sering secara tiba-tiba, tanpa diberi tahu siapa yang dirujuk dengan kata-kata tersebut. Pembaca puisi harus berusaha mengusut rujukan yang dimaksud penyair dengan kata-kata itu.

Mempelajari Konteks Penciptaan

Kadang-kadang untuk memahami puisi tidak cukup hanya dengan membaca apa yang tersurat dalam puisi, tetapi juga perlu mempelajari hal-hal yang berada di luar puisi tersebut. Hal-hal tersebut misalnya penyair, riwayat hidup penyair, pandangan hidup penyair, latar belakang penciptaan, situasi ketika puisi itu diciptakan, dan sebagainya. Semua itu disebut dengan konteks penciptaan.

Merumuskan Makna Utuh

Makna utuh sebuah puisi adalah makna keseluruhan dari puisi itu, baik makna tersurat, tersirat, maupun yang berkaitan dengankonteks penciptaannya. Untuk merumuskan makna utuh dalam sebuah puisi, diperlukan makna lugas, citraan, lambang, dan konteks penciptaan puisi itu. Setelah itu baru menentukan sikap terhadap makna utuh atau pengalaman penyair. Dengan memahami sebuah puisi berarti kita telah mencoba memahami perasaan, pikiran, dan gagasan orang lain (penyair) yang dituangkan secara khas. Tanpa disadari, pengalaman dan wawasan bertambah. Dengan bertambahnya pengalaman dan wawasan itu terasa ada kepuasan batin karena telah dapat mengambil hikmah dari pengalaman orang lain

Demikian artikel dari  kami tentang Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Mengungkapkan Isi Puisi Materi BI Kls X dan jangan lupa baca juga :