Dasar Belajar Menanggapi dan Memahami Informasi Berita yang Didengar

Contohsuratku.net - Salah satu mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sering membuat anda merasa bingung adalah menanggapi informasi dari sebuah isi berita, hal ini karen anda belum memahami dasar dasar menyimak dan untuk itu silahkan langsung saja ikuti penjelasan kami tentang Dasar Belajar Menanggapi dan Memahami Informasi Berita yang Didengar berikut ini :
Dasar Belajar Menanggapi dan Memahami Informasi Berita yang Didengar
Dasar Belajar Menanggapi dan Memahami Informasi Berita yang Didengar

Memahami Informasi Berita

Beberapa langkah yang dapat anda tempuh dalam menanggapi berita terkait dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berikut ini :

Pengertian Informasi Berita

Informasi dapat berarti (1) Penerangan, (2) Keterangan, (3) Pemberitahuan kabar atau berita tentang sesuatu. Jadi informasi adalah penerangan dan keterangan berupa pemberitahuan kabar atau berita tentang sesuatu kejadian atau peristiwa.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering memperoleh informasi. Informasi yang kita peroleh bermacam –macam. Tidak jarang informasi-informasi itu di peroleh melalui tuturan langsung. Misalnya dari forum diskusi, atau bahkan perbincangan biasa dengan teman-teman.

Informasi itu ada yang di anggap penting atau tidak. Sebaiknya kita membiasakan diri menyimak informasi dengan baik. Caranya yaitu dengan mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan dan menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

Berikut ini tahapan yang Anda harus lakukan dalam menyimak informasi berita.

  1. Mendengar (hearing) merupakan tahap menyimak segala sesuatu yang dikemukakan oleh pembicara
  2. Memahami (understanding) merupakan tahap memahami dengan baik isi pembicaraan yang disampaikan oleh pembicara.
  3. Menginterprestasikan (interpreting) penyimak menafsirkan atau menginterprestasikan isi, butir-butir pendapat yang terdapat dan tersirat dalam ujaran yang telah didengar dan dipahami
  4. Mengevaluasi (evaluating) penyimak menilai atau mengevaluasi pendapat dan gagasan pembicara, keunggulan dan kelemahan, serta kebaikan dan kekurangan pembicara.
  5. Menanggapi( responding) penyimak menerima gagasan atau ide yang dikemukakan oleh pembicara dalam ujaran atau pembicaraan, kemudian menanggapi.


Mencatat Rincian Isi Berita yang Didengar/Ditonton

Dengarkanlah video siaran berita televise yang sudah diunduh dan sudah tersedia di halaman weblog dengan cermat. Pada halaman weblog berikut telah disediakan beberapa video siaran berita dengan topik yang berbeda-beda. Sembari mendengarkan/menonton, catatlah isi berita dengan teknik catat bersusun berikut! Hal-hal penting meliputi pokok-pokok berita, yakni: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana (adiksimba).

Isi berita adalah materi yang disampaikan dalam sebuah berita untuk mempermudah dalam memahami isi berita. Untuk mengetahui isi berita, dapat menggunakan kata tanya. Kata yang dimaksud adalah apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan rumusan 5 W + 1 H; what, who, where, when, why, dan how. Dalam bahasa Indonesia biasa disingkat dengan istilah “adiksimba” (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana). Berikut penjelasan singkat tentang isi berita:

Apa              : digunakan untuk menanyakan peristiwa.
Siapa            : digunakan untuk menanyakan orang yang terlibat
Di mana       : digunakan untuk menanyakan tempat kejadian
Kapan          : digunakan untuk menanyakan waktu kejadian
Mengapa      : digunakan untuk menanyakan sebab terjadinya peristiwa
Bagaimana : digunakan untuk menanyakan jumlah, proses, akibat dan sebagainya.

Contoh Teks Berita Terbaru Kaidah 5W1H

Beberapa puluh Hektare Tambak serta Sawah di Lamongan Terendam Banjir
Beberapa puluh hektar tempat tambak serta tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak serta tempat padi yang terendam ini bikin petani tidak untung. (What, Where)

Tanggul sungai Pelalangan di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan Jawa Timur, Senin malam (15/12/15) jebol sesudah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur lokasi Lamongan Selatan. Tanggul sungai jebol selama 10 mtr. hingga bikin air menggenangi beberapa puluh hektar tempat tambak serta tanaman padi di Kecamatan Lamongan serta Kecamatan Turi. (When, Why)

Menurut salah seseorang petani, tanggul mulai jebol sekitaran jam 09. 00 malam akibat luapan sungai Pelalangan yang selalu meluber. Jebolnya tanggul ini adalah yang ke-2 kalinya berlangsung. Bahkan juga, th. lantas tempat tinggal warga sempat juga terendam banjir. (How)

Beberapa petani di Desa Plosowahyu terasa resah lantaran beberapa titik tanggul di desanya juga mulai retak-retak-retak serta riskan jebol. Mereka cuma mengharapkan pemerintah Kabupaten Lamongan selekasnya melakukan perbaikan tanggul supaya petani tak selalu tidak untung. (Who)

Akibat banjir yang merendam tempat tambak serta tanaman padi ini, petani alami kerugian sampai jutaan rupiah. (Who)

Demikin artikel tetang Dasar Belajar Menanggapi dan Memahami Informasi Berita yang Didengar dan lihat juga :