Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Untuk Sambutan dan Lomba

Contohsuratku.net - Contoh Pidato Kali ini yang sempat kami bagikan adalah Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Untuk Sambutan dan Lomba. Contoh pidato ini kami ambil dari berbagai sumber yang berbeda dengan harapan bisa membantu anda yang sedang butuh naska pidato.

Pidato Singkat Tentang Cintah Tanah Air

Untuk mempersingkat waktu kita langsung saja simak Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Untuk Sambutan dan Lomba berikut ini :
Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Untuk Sambutan dan Lomba
Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Untuk Sambutan dan Lomba

Contoh Pidato Cinta Tanah Air

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi WabarokatuhYang terhormat, bapak/ibu juri lomba pidato tingkat SMAYang saya hormati, bapak/ibu tamu undanganSerta teman teman yang berbahagia

Cinta tanah air merupakan nilai moral bangsa yang semakin hari semakin menipis. Adanya pasar bebas dan budaya luar yang masuk secara bebas menjadi salah satu penyebab lunturnya rasa cinta pada tanah air dan semua adat budaya yang ada di dalamnya. Bahkan, pada era modern sekarang ini, sulit sekali menemukan remaja yang menghormati ideology-ideologi negara, bahkan kadang mereka yang tinggal di luar negeri malah malu mengakui kalau dirinya berasal dari negara Indonesia.

Hadirin yang saya hormati, menumbuhkan rasa cinta pada tanah air memang tidak mudah. kecintaan ini harus hadir dalam diri kita masing-masing secara natural dan dimulai secepat mungkin. Sebagai contoh, jika kita memiliki anak kecil di rumah, kita bisa bisa bercerita tentang sejarah bangsa di waktu senggang sebagai pengganti dongeng anak. Selain itu, kita juga bisa mengajak anak untuk mendengarkan lagu-lagu nasional.

Hadirin yang berbahagia, jika kita sebagai pelajar, ada banyak hal juga yang bisa kita lakukan sebagai wujud dari rasa cinta kita pada tanah air. Sebagai contohnya, kita bisa belajar dengan rajin sebagai wujud dari usaha kita untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Di samping itu, kita juga bisa selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bahasa daerah kita saat berkomunikasi. Meskipun sekarang ini lebih gaul untuk menggunakan bahasa asing atau bahasa prokem, bahasa gaul dan alay anak-anak muda saat ini, kita harus berusaha untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Hadirin yang saya hormati, mencintai tanah air juga bisa kita lakukan dengan cara merawat dan menghormati symbol-simbol negara, seperti bendera merah putih dan lambang burung garuda. Tidak sepantasnya jika kita menggunakan bendera merah putih itu sebagai serbet atau kain pel. Selanjutnya, kita juga harus mencintai produk dalam negeri. Meskipun saat ini banyak barang impor yang masuk ke Indonesia, kita harus yaking bahwa kualitas barang tersebut tidak jauh beda dengan produk buatan dalam negeri.

Hadirin yang berbahagia, melaksanakan upacara setiap hari senin jyga tidak boleh kita tinggalkan. Semua itu adalah wujud dari rasa cinta kita pada tanah air. Di dalam upaca bendera itu banyak sekali symbol-simbol negara yang bisa kita lestarikan, seperti penghormatan kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu-lagu nasional, dan kedisiplinan.

Selain itu, wujud cinta tanah air yang harus kita jaga juga bisa kita lakukan dengan tindakan-tindakan kecil sehari-hari seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Dengan menjaga lingkungan sekitar, kita telah mewujudkan cinta pada negara kedaulatan kita. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, dan melakukan kegiatan sosial seperti menyantuni anak yatim, juga merupakan perwujudan rasa cinta tanah air.

Hadirin yang saya hormati, di sekolah merupakan tempat yang tepat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selain melaksanakan upacara bendera, kita bisa juga mempelajari budaya dan tempat-tempat bersejarah, seperti candi, kebudayaan lokal, dan tarian daerah. Kita juga bisa mengenal para pahlawan dengan mempelajari sejarah beliau. Memperingati hari pahlawan, hari kartini, dan hari kemerdekaan juga merupakan wujud dari cinta tanah air.

Hadirin yang berbahagia. Hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga ada hikmah yang kita ambil dari paparan ini. Terimakasih.

Akhir kata, wabilahi taufik walhidayahWassalamu’alakum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato "CINTA TANAH AIR"

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi yang beragama lain.
Kepada Bapak guru yang saya hormati dan teman teman yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan rahmatnya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato dengan tema cinta tanah air.
Teman-teman yang berbahagia, seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan keanekaragamannya. Terdapat ratusan bahkan ribuan suku bangsa ada disini. Setiap suku memiliki budaya yang berbeda-beda.

Di era globalisasi ini, budaya-budaya barat perlahan-lahan masuk ke Indonesia dan berkembang dengan pesat. Kita sebagai generasi muda seakan lebih menyukai budaya barat daripada budaya asli kita sendiri. Kita seakan lebih percaya diri dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat.

Teman-teman yang berbahagia, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia ini, salah satunya yaitu melestarikan budayanya dengan lebih mengenal dan memahami budaya yang dimiliki bangsa Indonesia ini.

Akhir kata, marilah kita cintai tanah air kita ini. Indonesia telah memberikan banyak sesuatu kepada kita, sekarang giliran kita untuk memberi sesuuatu kepadanya.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.Kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat karena –Nya.Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian.Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato.Piadato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri ?.Iya itu sebenarnya memang betul,kita harus cinta pada tanah air kita .Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam.kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua.Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita.Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal oaring satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri.Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita.Walau kita membeli d luar negeri,barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di Negara kita sendiri.Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah.Di Indonesia ada berbagai macam budaya.Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya.Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan,music,dan masih banyak lagi budaya yang terdapat  di Indonesia.Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya.Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang megetahinya,akan saya beri tahu.Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain,mencintai produk budaya kita sendiri,dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri.Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum W.W.

 Contoh Teks Pidato Cinta Tanah Air Indonesia 

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.Kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat karena –Nya.Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian.Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato.Piadato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Hadirin SMP EMBUN yang saya cintai, Nabi Ibrahim Alaihissalam pernah berdoa. Do’a beliau juga termaktub dalam kitab suci umat Islam. Dalam Surat Al Baqoroh ayat 126 yang artinya, “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim As. berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rizki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian.”

Do’a Nabi Ibrahim tersebut mengisyaratkan bahwa beliau sangat mencintai tanah airnya sehingga beliau memohon kepada Tuhan agar menjadikan negerinya aman dan sentosa. Dalam Islam, Nabi Ibrahim disebut sebagai Bapak Para Nabi, dengan demikian kita sebagi kaum Nabi Muhammad harus mengikuti teladan Nabi Ibrahim tersebut, yaitu mencintai tanah air kita.

Nabi Muhammad sendiri pernah bersabda bahwa mencintai tanah air adalah sebagian dari iman. Artinya, jika kita mencintai negeri kita berarti kita menambah iman kita kepada Sang Maha Pencipta.

Hadirin yang saya cintai, sekarang ini, banyak gerakan separatis yang ingin memecah belah keutuhan NKRI, kita sebagai penerus masa depan bangsa tidak boleh ikut mendukung gerakan tersebut. Karena gerakan-gerakan tersebut hanya ingin memuaskan kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak pernah mencintai tanah air tempat mereka bernaung. Mereka pun tidak pernah merasa berterima kasih atas pahlawan yang telah gugur demi berdirinya tanah air tercinta ini.

Oleh karena itu, keutuhan NKRI adalah harga mati dan tidak boleh diganggu gugat. Kita harus terus berpartisipasi demi kemajuan tanah air kita sebagai wujud kecintaan kita dan rasa syukur kita terhadap negeri ini.

Demikian Pidato singkat saya yang sempat saya sampaikan dan semoga Pidato singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan saya akhiri dengan ucapan

Assalamualaikum W.W.

Demikian artikel tentang Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Untuk Sambutan dan Lomba yang sempat kami sampaikan kali ini baca juga :