Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Singkat Padat dan Jelas

Contohsuratku.net - Kembali berbagi Contoh Pidato singkat yang bisa dibawakan pada saat ada sosialisasi tentang bahaya narkoba, bisa juga dijadikan sebagai pidato singkat yang dibawakan ketika ada kegiatan lomba pidato. Pidato ini berisikan Tentang bahaya Narkoba yang dalam konteksnya dibuat singkat padat dan berisi sehingga memudahkan anda dalam menghapal nya dan membawakannya.

Contoh Pidato Bahaya Narkoba

Untuk lebih singkatnya kita langsing saja simak Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Singkat Padat dan Jelas berikut ini :
Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Singkat Padat dan Jelas
Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Singkat Padat dan Jelas

Contoh Pidato Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Yang terhormat kepala sekolah Gilang Gemilang.Yang saya hormati semua dewan guru, orangtua, wali dan para undangan yang berbahgia, serta anak-anak yang saya banggakan

Assalamualaiku warahmatullahi wabarakatuh Selamat siang, dan salam sejahtera bagi kita semua.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya lah kita dapat berkumpul di tempat ini.

Para hadirin yang saya banggakan
Narkoba adalah obat, bahan, dan zat yang penggunaannya mendapat pengawasan khusus dari setiap orang. Penggunaan narkoba secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan merusak kesehatan. Mengonsumsi narkoba secara berlebihan dan tanpa diawasi oleh dokter dapat menyebabkan kerusakan syaraf otak, jantung, peredaran darah terganggu, pernapasan, dan lain-lain. 

Untuk saat ini pengguna narkoba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal yang sangat disayangkan adalah usia yang menjadi korban narkoba antara usia 11 tahun sampai dengan 25 tahun  ke atas. Itu artinya, narkoba sudah mengancam generasi muda yang masih dalam usia produktif. 

Para hadirin yang saya banggakan
Penyalahgunaan narkoba akan bedampak buruk bagi kesehatan tidak hanya kesehatan secara psikologis tetapi juga gangguan fisik pagi pelajar atau generasi muda. Dampak psikolgis yang muncul dapat berupa berpikir tidak normal, berperasaan cemas atau tidak tenang, lemas, dan tidak bersemangat. Dampak secara fisik bagi pengguna narkoba adalah gangguan pada sistem syaraf (menimbulkan dampak halusinasi, kejang, dan gangguan kesadaran), gangguan jantung,  gangguan kulit, dan dapat terinveksi virus HIV  dan AIDS akibat penggunaan jarum suntik secara bersama-sama. 

Selain dampak itu, ada juga dampak yang akan ditimbukan dari penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja/ pelajar. Seperti, seringnya membolos, menurunkan kedisiplinan dan nilai-nilai pembelajaran, susah berkonsentrasi, mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk, tidak memiliki sikpa peduli dengan diri sendiri atau dengan orang lain, dan lambat laun akan menjadikan anak sebagai pencuri hanya untuk mendapatkan uang untuk membeli narkoba.

Para hadirin yang saya banggakan
Dari penjelasan di atas, kita mengerti benar tak ada dampak baik yang dihasilkan dari penyalahgunaan narkoba. Jadi, kita selaku orangtua, pembimbing, dan keluarga marilah bersama-sama menjaga dan bekerja sama memerangi narkoba dikalangan pelajar. Dengan bekerja sama kita akan dapat mewujudkan harapan kita dimana Bangsa Indonesia menjadi negara yang bersih dan generasi pelajar bebas dari narkoba.

Demikian pidato saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.Selamat siang.


"Contoh Pidato Dampak Bahaya Narkoba " 

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Ibu Melinda selaku guru bidang studi Bahasa Indonesia yang saya hormati,Teman-teman  yang saya banggakan.

Marilah kita sama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga dihari yang indah ini kita masih dapat berkumpul bersama di ruang kelas kita.

Hadirin yang saya banggakan,
Narkoba merupakan barang haram di mata agama dan ilegal di mata hukum. Dengan mengkonsumsi narkoba secara berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan para penggunanya kecanduan dan berakibat tidak baik bagi kesehatan, bahkan, dapat berujung pada kematian. 

Hadirin yang saya banggakan, 
Seperti kita ketahui, narkoba dapat menyebar dengan cepat layaknya wabah, Bukan hanya orang tua dan dewasa saja yang menjadi korban, tapi juga remaja, terutama para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya bagi para pelajar untuk dapat menjauhkan diri dari jeratan narkoba, karena hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan fokus belajar serta mematikan kreatifitas.

Sebenarnya ketentuan hukum yang mengatur tentang ancaman hukuman bagi pengedar dan pengguna narkoba ini telah di atur dalam undang-undang, dengan ancaman dan denda yang berat. Namun masih banyak orang yang tidak memperdulikan hal tersebut.

 Hadirin yang saya banggakan 
Marilah kita bersama-sama untuk mengatakan " Tidak pada Narkoba " cara terbaik untuk menjauhkan diri dari narkoba yaitu " Jangan pernah sekali-kali mencoba ". Jauhkan diri dari lingkungan yang tidak baik dengan melakukan berbagai aktifitas, serta Ajak teman, keluarga dan kerabat untuk memerangi barang haram tersebut.

Akhir kata saya ucapkan terima kasihWassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Contoh Pidato Bahaya Narkoba

Wasalam…
Hadirin sekalian,
Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif. zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Shabu-shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk peningkatan jumlah orang muda, obat pilihan adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi mematikan. Obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hadirin Sekalian… Ribuan pemuda telah menyia-nyiakan hidup mereka karena obat terlarang di negeri kita, Indonesia. Mereka kebanyakan korban dari lingkungan yang ‘kejam’, keluarga broken home, dari kebodohan, dari rasa keingin tahuan atau juga dari korban para mafia narkoba. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba, atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Di ibukota Jakarta, diperkirakan 3 dari sepuluh orang anak muda adalah pengguna narkoba. Sebuah studi yang dilakukan oleh kantor (ILO) Organisasi Buruh Internasional di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar empat persen pengguna narkoba di negeri ini adalah anak-anak di bawah 17 tahun. Dua dari sepuluh pengguna terlibat dalam perdagangan gelap. Beberapa remaja mulai terlibat dalam memproduksi obat-obatan dan yang memperdagangankannya antara usia 13 dan 15 tahun. Ketua Badan Koordinasi Narkotika Nasional mengatakan bahwa pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang di negara ii berjumlah sekitar 7.000 siswa SMP, lebih dari 10.000 siswa SMU dan sekitar 800 siswa SD. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.

Hadirin sekalian
Orang biasanya menggunakan obat-obatan terlarang untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba di kalangan siswa sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa disekitar sekolah tersebut. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat-obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencurinya dari anggota keluarga mereka atau orang lain.

Hadirin sekalian
Fakta-fakta di atas menunjukkan kepada kita bagaimana akrab "Narkoba" dikalangan generasi muda kita. Hal yang harus kita ketahui sebagai pegangan kita agar terhindar dari bujuk rayu para mafia narkoba. Pertama kita harus tahu apa arti dari kecanduan obat? kecanduan obat adalah penyakit otak yang kompleks. Hal ini ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif. Obat mencari menjadi kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek dari penggunaan narkoba yang berkepanjangan pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari jerat tersebut.

Hadirin sekalian…
Marilah kita berlomba untuk menghindarkan diri kita dari jeratan barang haram tersebut dengan cara menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan untuk masuknya barang haram tersebut.

Hadirin Sekalian…
Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini.

Wasalam…

Contoh Pidato Singkat tentang Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.
Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang saya hormati.
Menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan juga perbuatan syetan dan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tentram tidak ada satu kejahatan pun.

Hadirin yang saya hormati.
Janganlah sekali kali kita mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa.. Mulai dari sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati.
Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian artikel tentang Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Singkat Padat dan Jelas yang sempat kami bagikan dan lihat jiga :