Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri

Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri - Bagi anda yang sedang mendapat kesempatan atau tugas membawakan pidato atau sambutan berikut kami bagikan Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri yang tentunya sangat pas disegala susana.
Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri
Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri 

Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri

Untuk lebih jelasnya mengenai Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri yang kami bagikan pada kesempatan ini silahkan langsung saja simak pidato atau sambutannya berikut ini :

Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri yang Pertama

Assalamu'alaikum wr. wb

Marilah kita panjatkan segala puji dan puji syukur atas semua anugrah yang di berikan tuhan kepada kita. karna dengan kita bersyukur kita akan mengetahui betapa besar anugrah yang harus kita syukuri. Solawat dan salam kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW sebagai ungkapan rasa syukur atas semua yang nabi ajakan kepada kita. 

Para pelopor, bersyukurlah.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengembangan diri. Tahukah kamu gimana cara mengembangan diri. Ya.. langsung saja saya bahas, yaitu hal pertama yang harus berkembang adalah dari sisi mindset atau pola pikir. Mindset atau pola pikir adalah fondasi dasar kesukesan seseorang. Tidak mungkin seseorang bisa sukses jika tidak memiliki pola pikir orang sukses. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menanamkan mindset sukses dalam diri, salah satunya adalah dengan membaca buku pengembangan diri. Untuk menjadi orang yang berkembang, kita perlu memiliki wawasan yang luas, selain dengan membaca, kita juga bisa melakukannya dengan mencoba hal baru, tentu saja hal yang positif. 

Saya punya teman yang memiliki hobi masak. Untuk meningkatkan pengetahuan masaknya, dia sering berwisata kuliner dan mencoba hal makanan baru. Dia sering mendapatkan ide atau inspirasi dari makanan baru yang dicicipnya dan hal ini sangat bermanfaat untuk menambah ide masaknya. Jika Anda ingin berkembang, kemampuan yang Anda miliki saat ini perlu Anda tingkatkan. Misalnya, Anda bisa berbicara di depan umum, tetapi masih belum begitu bagus. Anda bisa belajar atau sering melatih diri berbicara di depan umum. Mengembangkan diri bukan soal mental saja, tetapi juga soal fisik. 

Contoh, jika Anda dalam situasi baru pulang kerja dan lelah karena sudah lembur di kantor, apakah Anda masih ingin membaca buku-buku pengembangan diri? Tentu Anda lebih memilih tidur atau istirahat. Anda bisa bertanya kepada teman Anda, bagaimana performa Anda akhir-akhir ini. Mintalah masukan dengan pikiran terbuka. Saat meminta masukan dari teman Anda, lakukanlah dengan natural jangan membuat teman Anda merasa canggung dengan pertanyaan Anda.

Demikianlah para hadirin, pidato dari saya, semoga apa yang saya sampaikan dapat mengetuk hati para hadirin untuk ikut merasakan saudara-saudara kita.
Billahitaufik wal hidayah
wassalamu’alaikum wr. wb.


Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri yang Kedua

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan berkat dan Rahmat-Nya kita bisa berkumpul di tempat yang indah ini. Perkenalkanlah pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pembahasan mengenai konsep diri.

Hadirin yang saya muliakan dan saya hormati,Konsep diri dapat didefinisikan sebagai keyakina, penilaian atau pandangan seseorang terhadap dirinya. Orang yang memiliki konsep diri negatif memiliki ciri-ciri : Meyakini dan memandang bahwa dirinya lemah, tidak berdaya, malang, tidak kompeten, gagal, tidak menarik, tidak disukai, atau bodoh.

Orang yang memiliki konsep diri negatif akan bersikap pesimistis terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Mereka adalh tipe orang yang gagal sebelum berperang, tidak melihat sebuah kesempatan sebagai sebuah tantangan, melainkan sebagai suatu masalah.

Sebaliknya, orang yang memiliki konsep diri yang positif akan memandang kehidupan secara optimis. Mereka penuh dengan rasa percaya diri, siap menghadapi tantangan sekaligus siap menghadapi kegagaln yang mungkin sesekali mereka temui. Namun kegagaln itu tidaklah membuat mereka ‘mati’, namun kegagalan menjadi sebuah pelajaran untuk menjadi lebih baik.

Dalam hal ini saya ingin menekankan dengan sebuah pertanyaan, “Bukankah sebagai manusia yang diciptakan Tuhan Yang Maha Kuasa kita seharusnya memanfaatkan segala kelebihan yang diberikan oleh-Nya?”

Hadirin yang saya hormati,adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri adalah sebagai berikut:

Kegagalan:Kegagalan yang terus menerus dialami seringkali menimbulkan pertanyaan kepada diri sendiri dan berakhir dengan kesimpulan bahwa semua penyebabnya terletak pada kelemahan diri. Kegagalan membuat orang merasa dirinya tidak berguna. Tidak jarang orang yang merasa dirinya gagal terjebak pada penilaian negatif terhadap dirinya sendiri, misalnya bunuh diri. Bukankah Tuhan sendiri melarang manusia untuk membunuh dirinya sendiri. Dalam hal ini secara filosofis, Tuhan memang menghargai apa yang diciptakan-Nya.

Depresi:Orang yang sedang mengalami depresi akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam memandang dan menanggapi segala sesuatunya, termasuk menilai diri sendiri.

Kritik Internal:Terkadang, mengkritik diri sendiri memang dibutuhkan untuk menyadarkan seseorang akan perbuatan yang telah dilakukan. Kritik terhadap diri sendiri sering berfungsi menjadi regulator atau rambu-rambu dalam bertindak dan berperilaku agar keberadan kita diterima oleh masyarakat dan dapa t beradaptasi dengan baik.

Pola Asuh Orang Tua:Pola asuh orang tua turut menjadi faktor signifikan dalam mempengaruhi konsep diri yang terbentuk. Sikap positif orang tua yang terbaca oleh anak akan menumbuhkan konsep dan pemikiran yang positif serta sikap menghargai diri sendiri. Sikap negatif orang tua akan mengundang pertanyaan pada anak, dan menimbulkan asumsi bahwa dirinya tidak cukup berharga untuk dikasihi, untuk disayangi dan dihargai dan semua itu akibat kekurangan yang ada padanya sehingga orang tua tidak sayang.

Mengubah Konsep Diri:Seringkali diri kita sendirilah yang menyebabkan persoalan bertambah rumit dengan berpikir yang tidak-tidak terhadap suatu keadaan atau terhadap diri kita sendiri. Namun, dengan sifatnya yang dinamis, konsep diri dapat mengalami perubahan ke arah yang lebih positif.

Bersikap Objektif dalam Mengenali Diri Sendiri:Hargailah diri sendiri. Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain kita sendiri. Jikalau kita tidak bisa menghargai diri sendiri, tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri, tidak mampu memandang hal hal baik dan positif terhadap diri sendiri, bagaimana kita bisa menghargai orang lain dan melihat hal hal baik yang ada dalam diri orang lain secara positif? Jika kita tidak bisa menghargai orang lain, bagaimana orang lain akan menghargai diri kita?

Jangan Memusuhi Diri Sendiri:Peperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri sendiri. Sikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejati. Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustasi yang dalam serta konsep dirinya makin lemah dan negatif.

Berpikir Positif dan Rasional:Dalam memiliki konsep diri positif, seseorang dapat memiliki rasa percaya diri kuat yang menampilkan sosok pribadi yang menarik. Seseorang yang selalu berpikir positif memiliki Inner Beauty. Kecantikan dalam batin adalah cerdas, ramah, murah senyum, punya banyak teman, dan rendah hati. Kecantikan tubuh akan dianggap lebih berarti jika disertai kecantikan batin. Hanya saja banyak kaum hawa yang belum sepakat dengan konsep bahwa kecantikan batin atau inner beauty akan lebi habadi daripada sekedar kecantikan fisik yang akan memudar dimakan usia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat untuk pengembangan diri kita agar lebih baik dan baik lagi baik untuk hadirin di sini ataupun khususnya untuk saya sendiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian artikel dari kami tentang Contoh Pidato Sambutan Tentang Pengembangan Diri  yang sempat kami bagikan pada kesempatan kali ini dan mudah mudahan apa yang kami bagikan ini bisa membantu anda dan jangan lupa baca juga :