Contoh Pidato Sambutan Peringatan HUT Polwan Terbaru

Contohsuratku.net - Contoh sambutan yang kami bagikan pada kesempatan ini adalah sambutan yang bisa anda jadikan contoh. anda bisa menguranginya dan juga menambahkan apa yang dirasa penting atau disesuaikan dengan kondisi saat ini :
Contoh Pidato Sambutan Peringatan HUT Polwan Terbaru
Contoh Pidato Sambutan Peringatan HUT Polwan Terbaru

Peringatan HUT Polwan

Salah satu hari yang diperingati sebagai hari besar di Indonesia adalah HUT Polwan yang jatuh pada tanggal 1 September. Untuk mengerti tentang Peringatan HUT Polwan ikuti penjelasan kami berikut :

Sejarah Singkat Peringatan HUT Polwan

Polwan (Polisi Wanita) lahir pada Tanggal 01 September 1948 di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sejarah kelahiran Polwan di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan yang melibatkan kaum wanita, baik korban maupun pelaku kejahatan.
Pada masa penjajahan Belanda, tiap kali ada kejahatan yang dilakukan anak-anak atau perempuan. Para pejabat kepolisian sering kali meminta bantuan kepada istri-istri mereka untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledah.

Setelah Indonesia merdeka, seperti dikutip dari laman sosial media Facebook Divisi Humas Mabes Polri, Organisasi Wanita dan Wanita Islam mengajukan permohonan kepada pemerintah dan Jawatan Kepolisian Negara untuk mengikutsertakan perempuan dalam pendidikan kepolisian.
Tujuannya sama, menangani masalah kejahatan yang melibatkan anak-anak dan perempuan. Alasannya, kurang pantas seorang laki-laki memeriksa atau menggeledah tersangka perempuan yang bukan muhrim.
Akhirnya, pada 1 September 1948, Jawatan Kepolisian Negara untuk Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi, membuka kesempatan bagi kaum hawa untuk mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di Sekolah Polisi Negara di Bukittingi. Ada enam perempuan yang ikut serta dan selanjutnya dikenal dengan sebutan Perintis Polisi Wanita Indonesia.

Setelah melalui seleksi, terpilihlah enam orang gadis remaja yang kesemuanya berdarah Minangkabau dan juga berasal dari Ranah Minang, yaitu Mariana Saanin Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmainar Husein dan Rosnalia Taher.
Keenam gadis remaja tersebut, secara resmi tanggal 1 September 1948 mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu dinyatakan lahirlah Polisi Wanita yang akrab dipanggil Polwan. Keenam Polwan angkatan pertama tersebut juga tercatat sebagai wanita ABRI pertama di tanah air yang kini kesemuanya sudah pensiun dengan rata-rata berpangkat Kolonel Polisi (Kombes). 

Contoh Pidato Sambutan Peringatan HUT Polwan

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat berkumpul dan bertemu muka dalam keadaan sehat wal afiat, tak kurang suatu apapun, dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Polwan yang Ke ...... Nasional yakni pada tanggal 1 september ........... Marilah kita tingkatkan keamaan Negara dan kenyamanan sosial dalam hidup bermasyarakat.

Polisi merupakan pelayan masyarakat untuk sebuah pengaduan, sekaligus penegak Hukum di sebuah Negara, dengan demikian pentingnya menjaga stabilitas Negara pentingnya peran Polisi perlu di tingkatkan, banyak hal yang meski kita ketahui bersama bahua polisi bukan hanya pengayom, dan tempat pengaduan akan tetapi juga tempat bagi masyarakat untuk berteduh dalam rangka mencari keamanan serta kenyamanan dalam bemasyarakat, maka itu kita perlu meluruskan makna sosial dalam memaknai hakikat polisi.

Dari pengantar pidato ini yang saya ulas diatas adalah merupakan pentingnya sebuah tanggung jawab Polisi. berbicara mengenai Polisi maka tidak ketinggalan dengan Polwan (Polisi Wanita) yang saat ini kerap kali muncul di media, dengan segala kegiatannya, polwan yang berdiri tahun 1948 tepatnya tanggal 1 september.

Saat itu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) tengah berhadapan dengan Afresi Militer dari Kolonial Belanda ke II, yang pada waktu itu berawal di Bukit tinggi sumatera Barat.  dengan keadaan agresi militer ke dua belanda mengakibatkan banyak masyarakat yang pergi menjauh dari lokasi peperangan dan mengungsi.

Para pengungsi diperiksa oleh Polisi untuk menghindari penyusupan, akan tetapi pada saat itu para wanita enggan dan tidak mau di periksa oleh polisi pria secara fisik, kesensitipan wanita terhadap pemerikasaan terebut dan tidak mau disetuh oleh polisi pria membuat membuat pemerintah  melakukan kebijakan dan menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) ............ membuka Pendidikan Inspektur
Dari seleksi tersebut terpilih ........ gadis remaja dari .................. dan dari .........., adapun beberapa gadis tersbut adalah Nelly Pauna Situmorang, Dahniar Pramono, Rosmalina Pramono, Mariana Saanin Mufti, Rosnalia Taher, dan Djasmainar Husen. dan saat itu lahirlah Polwan. Lahirnya Polisi Wanita Tahun 1948 dan pada hari ini yakni hari Polwan Ke 67 tanggal 1 september 2015, semoga Maju, Berjaya, Sukses, untuk Polwan Indonesia, Hidup Polwan..!!!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Demikian artikel tentang Contoh Pidato Sambutan Peringatan HUT Polwan Terbaru yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga :