Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggun

Contohsuratku.net - Salam Premuka, Kali ini kami kembali berbagi Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung buat anda yang sedang membutuhkan Contoh Pidato.

Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggun

Untuk lebih memahami tentang Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung silahkan saja simak penjelasan kami tentang Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung.
Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung
Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung

Pengertian Api Unggung

Api unggun adalah api di luar ruang yang didapat dari sengaja menyalakan kayu bakar, potongan kayu, atau kumpulan dahan, ranting, jerami, atau daun-daun kering. Pramuka, pecinta alam, atau peminat kegiatan alam bebas sering membuat api unggun sewaktu berkemah atau melakukan kegiatan di alam terbuka. (Wikipedia)

Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat kakak-kakak pembina Pramuka.Dan yang kami banggakan seluruh peserta kemah bhakti yang berbahagia.Tentunya ucapan rasa syukur yang begitu besar akan selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu saja terus memberikan rahmat, hidayah dan inayahNya kepada kita sekalian, sehingga kita semua dapat melakukan rangkaian kegiatan kemah bhakti ini hingga acara puncak ini tanpa adanya suatu kendala yang berarti. Tak lupa juga, sebagai umat yang beriman akan nabi dan Rosul Nya, salam dan shalawat selalu kita haturkan kepada nabi akhir jaman Muhammad SAW.

Adik-adik pramuka yang saya banggakan.Serangkaian kegiatan kemah bhakti ini akhirnya telah memasuki acara puncak yang telah kita nantikan dari hari pertama yaitu acara api unggun. Kegiatan api unggun ini sendiri tentunya bukan hanya merupakan suatu bentuk kegiatan bakar membakar saja, namun lebih dari itu kegiatan ini merupakan sebuah simbol penerangan yang akan memberikan banyak cahaya di tengah kegelapan. Dengan adanya kegiatan api unggun yang pastinya nantinya juga akan disuguhkan beberapa atraksi dari kreatifitas adik-adik sekalian, dapat dijadikan sebagai wadah untuk menampung segala kreatifitas, melatih keberanian dan kepercayaan kepada diri sendiri untuk berani menantang segala ketakutan yang berada didalam diri kita masing-masing. Tak ketinggalan pula dengan adanya cara api unggun ini juga merupakan salah satu saranan untuk mempererat rasa persaudaraan, memupuk jiwa gotong royong dan juga memberikan suasana nyaman, kegembiraan dan kebebasan.

Adik-adikku pramuka yang kami banggakan.Seperti yang kita ketahui api memiliki dua sifat yang bertentangan yaitu sifat baik dan juga sifat yang merusak. Sehingga di moment api unggun ini, kami para kakak-kakak pembina berpesan, jadilah api yang memiliki sifat baik yang memberikan penerangan di tengah kegelapan dan juga api yang bersahabat kepada manusia dan mampu memberikan kehangatan dalam kedinginan. Sehingga nantinya dalam kehidupan mendatang, kalian semua akan tumbuh menjadi sosok manusia yang terus memiliki manfaat untuk manusia lainnya. Namun janganlah menjadi sebuah api yang malah menghancurkan manusia lainnya yang selalu memberikan kerugian untuk orang-orang disekitar kalian.

Adikku-adikku pramuka yang kami banggakan.Sebagai ucapan penutup, sekali lagi kakak-kakak berpesan, teruslah belajar. Ingatlah bahwa belajar tidak melulu dari bangku sekolah, namun lebih dari itu, belajar akan dapat kalian lakukan dimanapun dan kapanpun kalian berada. Ingatlah, bahwa orang yang paling bodoh di dunia ini adalah orang yang berhenti untuk belajar.

Demikian sambutan kami, kurang lebihnya saya mohon maaf.Billahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaium warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka

Assalammualaikum Wr.wb.......... Salam Pramuka

Selamat Malam Adik-adik!
Sebelumnya, marilah kita selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Karena rahmat-Nya, sore hari ini kita masih dipertemukan.

Mari kita maknai lebih dalam bahwa pramuka harus berada di depan dalam setiap kehidupan sebagai pelopor dan teladan. Jangan malah melarikan diri dan sembunyi apabila ada masalah datang menghadang.

Kita mengetahui, saat ini generasi muda lebih cenderung lari dari masalah dan hidup menghindari tantangan, akibatnya ketika kehidupan tidak lagi bersahabat dengan mereka, maka para manusia ini akan sangat mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.

Kehidupan bukanlah matematika yang dengan pasti diketahui hasilnya secara nyata, kehidupan memiliki banyak misteri dan pusaran-pusaran masalah yang bisa menenggelamkan diri kita. Oleh sebab itu kita harus berani untuk menjalani hidup dengan penuh tantangan. Salah satu cara adalah melatih diri untuk senantiasa berada di garis depan dan merasakan sendiri bagaimana berkontak dengan masalah.

Menempatkan diri menjadi pandu atau pramuka bagi kehidupan tentu bukan sekedar didepan semata, namun juga musthi siap lahir dan batin untuk menerima resiko dan memperjuangkan resiko tersebut. Selain itu, juga harus memberikan teladan yang baik. Sukses atau tidak kita didepan itu tidak penting, yang lebih utama adalah apakah kita telah berjuang dengan penuh daya upaya dan teladan atau belum.

Memang tidak semua bidang bisa dikerjakan pramuka, namun setiap pramuka pasti bisa menjadi terdepan dibidang karyanya. Seorang pramuka pembina pramuka penggalang di SMP pelosok tentu tidak bisa menjadi pilot yang tangguh, namun seorang pramuka yang menjadi pilot pasti bisa berjuang untuk menjadi terdepan di profesinnya tersebut. Sebaliknya, seorang pramuka yang jadi pilot tentu tidak bisa selalu ada untuk adik-adik didik dan memberi pembinaan secara penuh, tapi seorang pramuka yang jadi pembina penggalang bisa mengerjakan tugas ini dengan maksimal dan penuh prestasi.

Jadilah pramuka yang berada di depan dalam profesimu, karena dengan itu secara langsung kita telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi pramuka.

Semoga pidato ini ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.
wabiillahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb

Demikian artikel tentang Contoh Pidato Sambutan Pembina Pramuka pada Upacara Api Unggung yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga :