Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate dari Kuliah Inilah Rahasianya

Contohsuratku.net - Bangku kuliah adalah jenjang pendidikan yang sangat menyenangkan karena memiliki banyak teman serta kita diajari agar lebih matang dalam berorganisasi, kebahagiaan yang sangat akan dirasakan seseorang saat dia akan dilantik menjadi wisudawan atau wisudawati, dan setelah ia resmi menyandang gelar Sarjana, maka dia dinyatakan sebagai penganguran baru.

Pada waktu mencari pekerjaan, sarjana baru tersebut dinamakan dengan Sarjana Freshgraduated, allias baru tamat, dan untuk melamar pekerjaan akan sangat banyak memiliki saingan dan jika salah-salah dalam wawancara maka anda akan tersingkir oleh saingan yang berpengalaman. Ingatlah, bahwa dunia nyata itu kejam, kita harus bisa memutar otak agar terus bisa berdiri, jangan sampai putus asa dalam melamar pekerjaan walaupun anda seorang tamatan freshgraduated.
Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate dari Kuliah Inilah Rahasianya
Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate dari Kuliah Inilah Rahasianya

Tamatan Freshgraduated yang akan dipertimbangkan oleh perusahaan adalah yang memiliki sklill khusus, seperti programming, jaringan, desainer dan bidang lainnya yang akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, namun jika anda tamat kuliah hanya membawa gelar sarjana saja tanpa ada ilmu yang anda dapatkan, maka anda harus berpandai-pandai dalam wawancara kerja serta juga harus banyak persiapan.

Rahasia Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate

Namun jangan cemas, anda bisa membaca Tips Kerja dibawah ini agar bisa lebih yakin dan siap dalam melamar pekerjaan walaupun masih freshgraduated, dan dijamin jika anda melaukkan tips dibawah anda sudah bisa dikatakan sebagai seorang yang siap bersaing walaupung dengan pelamar lainnya yang berpengalaman. Berikut 6 Rahasia Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate

Anda Harus Percaya diri

Pertama kali saat melamar pekerjaan yaitu jangan lemah, anda harus percaya diri, misalnya ada lowongan kerja pada perusahaan Bla-bla, dan posisi yang diminta tersebut sesuai dengan kriteria anda, maka anda harus yakin bahwa anda bisa untuk bersaing mendapatkan posisi ini. Namun percaya diri ada batasanya, terutama jika anda tidak lulus dalam posisi yang di inginkan tersebut maka anda harus sabar dan jangan terlalu memikirkan hal tersebut, mungkin saja ada yang lebih baik untuk anda pada perusahaan lain.

Jangan terlalu Kepedean

Ini berlaku buat anda yang akan wawancara kerja, sebenarnya PD itu sangat bagus karena kita akan dianggap sebagai orang yang hebat oleh pewawancara, karena dengan PD kita akan fokus menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan, namun pantangannya. anda jangan terlalu PD karena bisa saja anda akan dnyatakan sombong oleh pewawancara dan sok. Maka dari itu usahakan  Percaya diri tanpa bergaya sombong.

Jangan menyerah mencari informasi lowongan kerja sebanyak-banyaknya

Untuk tamatan baru akan sangat memerlukan informasi lowongan kerja terbaru sebanyak-banyaknya, kenapa demikian, hal ini akan sangat memudahkan anda nantinya memilih-milih posisi yang akan dilamar, serta anda tidak akan terpaku pada satu informasi saja. Dalam hal ini anda harus aktif mengetahui Info loker terbaru, dan masukkan lamaran sebanyak-banyak, semakin banyak anda terpanggil akan menambah pengalaman dan wawasan anda yang sedikit demi sedikit anda akan mengerti alur bagaimana caranya bisa diterima dan apa saja kekurangan yang harus di isi agar bisa lolos dalam mencari kerja. 

Memperluas jaringan

Ini adalah cara mudah agar anda bisa mendapatkan banyak informasi lowongan kerja terbaru, baik itu dari teman-teman, maupun orang lain yang akan menambah pengetahuan anda dalam mencari kerja, apalagi kalau anda memiliki teman yang sudah bekerja, maka jadikan pengalamannya mencari kerja untuk tambahan pengetahuan anda agar lebih semangat lagi.

Buat kesan pertama yang baik saat wawancara

Pada wawancara kerja jangan asal berbicara, karena anda aan dinilai buruk oleh pewawancara, jika wawancara selesai, maka usahakan anda keluar dengan cara baik-baik malah anda harus sangat sopan, ini akan bermanfaat dikemudian harinya, jika pewawancara tertarik dengan kesopanan dan cara berbicara anda sehingga pewawancara akan mengingat anda dengan baik, walaupun anda tidak diterima namun siapa tahu perusahaan tersebut akan membutuhkan pegawai baru lagi pada beberapa waktu yang akan datang, dan mungkin anda akan kembali dihubungi untuk ikut bergabung di perusahaan tersebut, sopanlah kepada pewawancara itu akan menjadi nilai plus untuk anda.

Belajarlah menjawab soal-soal dirumah dengan cepat dan benar

Selain wawancara memang hal terpenting lainnya adalah anda harus bisa juga menyelesaikan soal tulisan dengan benar, karena itu anda dituntut untuk lebih memperdalam ilmu dalam hal ini, dengan cara mencari soal-soal lama atau mendownloadnya di internet, biasanya soal penerimaan kerja adalah tes komptensi dasar.

Nah, dengan 6 tips diatas, bisa dikatakan anda tidak perlu canggung lagi menghadapi dunia kerja, anda harus siap mental dan jangan mudah putus asa hanya karena gagal dalam satu atau beberapa lamaran, karena orang yang berusaha tanpa ada mengeluh akan memetik hasil yang bagus. Jangan lupa baca juga artikel kami alinnya :