Aspek-aspek yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang Menghadapi Teks CPNS

Aspek-aspek yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang Menghadapi Teks CPNS - Kembali kami bagikan sebuah artikel yang cukup penting diketahui bagi anda yang punya keinginan besar menjadi seoran PNS dima artikel ini membahas mengenai bagaiman dan apa yeng harus dipersiapkan dalam menghadapi teks CPNS.

Selayaknya mengikuti ujian lain, Test Seleksi CPNS baik tingkat pusat (Departemen) maupun CPNS Daerah (CPNSD) sudah barang tentu memerlukan persiapan yang matang. Jangan pernah terlintas dipikiran kita untuk menganggap bahwa test CPNS adalah suatu test yang sekedar untung-untungan belaka, sehingga kita tidak pernah melakukan persiapan  materi, mencoba latihan soal, dan memperbanyak up-date informasi terbaru yang berhubungan dengan soal-soal test CPNS.
Aspek-aspek yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang Menghadapi Teks CPNS
Aspek-aspek yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang Menghadapi Teks CPNS
Test CPNS adalah test yang memerlukan ketangguhan penguasaan materi, hapalan yang oke, penguasaan hitungan yang mumpuni dan tentu saja ketepatan dalam menjawab soal dengan waktu yang telah disediakan. Dengan minimnya waktu yang disediakan (umumnya 1 soal diberikan waktu 1,2 menit untuk menjawabnya) kita memerlukan strategi khusus untuk menjawab soal-soal tersebut, sehingga kita bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Aspek-aspek yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang Menghadapi Teks CPNS

Persiapan dalam mengikuti Test CPNS tidak hanya menyangkut materi ujian, tetapi juga meliputi aspek kesiapan psikologi, kesiapan fisik, dan pengetahuan tentang tips dan trik menghadapi soal-soal tes CPNS.

Aspek Psikologis

Aspek Psikologis adalah modal dasar dalam menghadapi semua jenis ujian, tak terkecuali Test CPNS. Keinginan yang kuat untuk bisa lulus serta bayangan yang indah akan menjadi PNS akan menjadi modal penting untuk membangun kekuatan dalam diri seseorang sehingga dia menjadi terpacu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Basic psikologis yang kuat membuat kita menjadi seseorang dengan motivasi yang tinggi untuk bisa bersaing dengan ribuan orang pada saat pelaksanaan Test CPNS. Untuk itu apabila Anda berniat untuk menhadapi test CPNS, persiapkan aspek psikologis Anda. Jangan pernah terbesit dalam benak Anda bahwa Anda ikut CPNS hanya sekedar iseng saja, atau hanya sekedar ikut-ikutan mengadu nasib bersama ribuan peserta lainnya tanpa ada motivasi Anda ingin lulus, karena itu hanya akan membuang waktu Anda dengan percuma. Lebih baik Anda diam di rumah, atau kembali melanjutkan pekerjaan yang sedang Anda geluti sekarang. Dan jika dalam diri Anda sudah terdapat motivasi untuk Lulus segera lakukan persiapan kedua berikut ini.

Aspek  Pemahaman Materi

Materi soal test CPNS biasanya meliputi Tes bakat Skolastik dan Tes Kemampuan Bidang. Kesiapan Anda menguasai materi merupakan faktor yang paling menentukan keberhasilan Anda mengikuti Test CPNS. Untuk itu diperlukan niat yang sungguh-sungguh untuk menguasai materi tersebut. Anda dapat mempelajari tipe-tipe soal dari berbagai macam sumber. Buku-buku persiapan untuk menghadapi test CPNS sudah banyak dijual dengan harga yang terjangkau, Andapun bisa mendownload soal-soal CPNS dari situs atau blog yang menyediakan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya baik tingkat pusat maupun daerah. Jangan lupa untuk selalu update informasi terbaru mengenai perkembangan dunia di seluruh bidang dengan cara memperbanyak melihat berita di televisi, membaca surat kabar, surfing lewat internet, dan lain-lain.

Kecerdasan Anda merupakan faktor pendukung utama untuk bisa menguasai materi test CPNS, namun demikian ketekunan Anda dalam mempelajari materi dan latihan soal lebih dibutuhkan  dari sekedar kecerdasan semata. Jadi jangan minder dengan kemampuan Anda, selagi Anda punya motivasi yang kuat untuk selalu belajar dan mengupdate informasi, Anda harus yakin bahwa Anda bakal lulus dalam seleksi CPNS

Tips & Trik Menjawab Soal Tes CPNS

Setelah Anda yakin dengan persiapan psikologi dan materi, pada saat ujian Anda juga harus jeli untuk bisa menjawab semua soal yang ada dengan waktu yang telah disediakan. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah hitung berapa waktu untuk menjawab satu soal. Jika Anda sudah bisa memprediksi mulailah mengerjakan soal yang Anda anggap paling mudah. Apabila Anda menemukan soal yang rumit segera tinggalkan soal tersebut untuk kemudian Anda melanjutkan ke soal-soal berikutnya. Anda tidak boleh berkutat untuk menjawab soal yang membingungkan Anda karena akan mengurangi fokus Anda untuk menjawab soal-soal berikutnya. Hindari terlebih dulu soal-soal hitungan yang akan menyita waktu Anda, dan usahakan Anda bisa mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah, untuk kemudian apabila Anda cermat dalam memprediksi waktu, Anda bisa mulai mengerjakan soal-soal yang tingkatnya lebih susah. Tips dan triks lebih lanjut mengenai cara-cara menjawab soal test CPNS akan dibahas di sesi/page yang berbeda.

Aspek Non-Teknis

Aspek non-teknis juga sangat mendukung keberhasilan Anda dalam mengikuti seleksi CPNS. Aspek non-teknis di antaranya adalah kesiapan secara fisik, ketelitian mengisi data di lembar jawab komputer (LJK), pemilihan pensil 2B yang tepat, serta faktor-faktor lain. Fisik kita dalam menghadapi test CPNS harus benar-benar mumpuni dalam artian kita harus siap untuk duduk dan berpikir dalam jangka waktu lama ketika kita mengerjakan soal-soal CPNS. Apalagi banyak peserta CPNS yang datang dari tempat-tempat yang jauh sehingga tenaga akan terkuras sebelum mengikuti ujian. Untuk itu sarapan (makan) adalah mutlak diperlukan oleh Anda yang akan mengikuti test CPNS agar kondisi fisik Anda senantiasa terjaga dari awal sampai akhir ketika mengerjakan soal-soal ujian. Jangan lupa juga malam hari sebelum Anda menghadapi ujian, pastikan Anda tidur/istirahat lebih awal. Anda tidak harus bersusah payah untuk menghapalkan semua materi menjelang ujian karena percuma saja, Anda hanya akan mendapatkan kelelahan daripada Anda bisa menghapal semua materi.

Jangan biasakan diri Anda untuk menghapal dengan cara SKS (Sistem Kebut Semalam) karena hal tersebut akan berpengaruh buruk kepada kondisi  Anda, Anda akan lelah pada saat ujian dan tidak dapat berkonsentrasi penuh ketika mengerjakan soal akibat terlalu memaksakan diri untuk begadang menghapalkan materi ujian. Datang lebih awal sebelum ujian dimulai akan membuat konsentrasi Anda lebih fresh dibandingkan Anda datang mepet apalagi terlambat. Prediksi berapa lama tempat ujian akan terjangkau oleh Anda dan alangkah lebih baiknya Anda telah melakukan survey untuk melihat lokasi tempat Anda ujian sehari sebelumnya, supaya Anda benar-benar tenag dan tidak tergesa ketika Anda menghadapi ujian.

Faktor non-teknis lain yang ikut mendukung keberhasilan Anda adalah ketelitian dalam mengisi data di LJK yang meliputi pengisian nama, nomor test, kode soal dan sebagainya. Kurangnya konsentrasi kita ketika mengisi data di LJK akan berakibat sangat fatal bagi Anda. Anda boleh merasa bangga bisa menjawab 90% soal ujian Anda, akan tetapi hasil tersebut menjadi sia-sia ketika Anda salah dalam mengisi nomor peserta misalnya. Untuk itu berhati-hati dan selalu mengecek ulang ketepatan Anda dalam mengisi data di LJK. Gunakan pensil 2B yang benar-benar direkomendasikan, pensil 2B adalah alat yang sangat sesuai untuk mengisi LJK. Pensil 2B yang baik adalah yang lunak ketika kita pakai dan menghasilkan warna hitam yang lebih pekat. Usahakan ujung pensil tidak terlalu runcing dan tidak terlalu tumpul. Terlalu runcing akan menyebabkan LJK sobek, terlalu tumpul-pun akan mengakibatkan Anda kesulitan ketika Anda ingin menghitamkan salah satu pilihan Anda dengan tepat karena akan melewati garis batas lingkaran yang telah disediakan.

Semua faktor di atas satu sama lain saling mendukung. Ingat Anda tidak bersaing dengan sedikit orang tapi ribuan bahkan ratusan ribu orang akan saling berebut untuk mendapatkan tempat yang sangat terbatas ketika di adakan seleksi CPNS. Untuk itu kesiapan yang matang dari Anda sangat mendukung Anda untuk meraih cita-cita sebagai Pegawai Negeri Sipil daripada Anda hanya menghayal dan mengandalkan untung-untungan tanpa bisa berusaha untuk memotivasi diri. Keberhasilan Anda dalam menjawab soal belum tentu menentukan kelulusan Anda, karena orang lain mungkin lebih berhasil lagi dalam menjawab soal dibandingkan dengan Anda. Dengan ketatnya persaingan ini,  jalan satu-satunya adalah berusaha semaksimal mungkin dan jangan lupa berdoa. Sebagai manusia dan makhluk Tuhan, kita hanya dituntut untuk berusaha dan apabila usaha kita sudah maksimal, kita hanya pasrah dan berserah diri kepada Sang Pencipta. Jika kita lulus berarti Allah telah mengabulkan doa kita, dan apabila kita tidak lulus, jangan patah arang, selagi usia kita masih mencukupi untuk mengikuti tes CPNS jangan pernah lelah untuk terus berbenah menyiapkan semua perbekalan untuk menghadapi ujian CPNS berikutnya.

Demikian artikel yang membahas tentang Aspek-aspek yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang Menghadapi Teks CPNS dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa membantu anda meraih cita-cita anda untuk menjadi PNS dengan cara lulus teks CPNS melalui penerimaan yang diadakan tiap tahun. Jangan lupa baca juga artikel kami berikut ini :